Kondisi korban kecelakaan saat menjalani perawatan intensif di rumah sakit (Foto : Laka Lantas Polres Malang for MalangTIMES)
Kondisi korban kecelakaan saat menjalani perawatan intensif di rumah sakit (Foto : Laka Lantas Polres Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kurang dari sepekan, tiga manula (manusia lanjut usia) di Kabupaten Malang menjadi korban kecelakaan. Sebelumnya pada Senin (29/7/2019) lalu, Jumangin warga Desa Ngebruk, Kecamatan Sumberpucung dihantam sepeda motor saat hendak menyeberang jalan di Akses Jalan Raya Desa Kuncoro, Kecamatan Sumberpucung.

Akibatnya kakek 75 tahun itu harus menjalani perawatan intensif, karena mengalami luka parah di bagian kepala. Berselang beberapa hari kemudian, tepatnya pada Rabu (31/7/2019) insiden serupa kembali terulang. Kali ini giliran dua manula asal Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran yang menjadi korban kecelakaan. Mereka adalah Ngatminah (80) dan Rasmini (60). ”Kedua korban ditabrak sepeda motor saat hendak menyebrang jalan,” kata Kasubag Humas Polres Malang, AKP Ainun Djariyah.

Diperoleh keterangan, tragedi yang menimpa dua orang manula ini terjadi di kawasan Jalan Raya Sukosari, Kecamatan Gondanglegi. Sesaat sebelum insiden kecelakaan terjadi, kedua korban diketahui sedang berjalan kaki di sekitar lokasi kecelakaan.

Setibanya di lokasi kejadian, tepatnya di kilometer 07-08 arah Kepanjen menuju Turen. Keduanya diketahui hendak menyeberang jalan. Tanpa melihat keadaan sekitar, Ngatminah dan Rasmini langsung nyolong ke tengah jalan.

Di saat bersamaan, dari arah barat melaju kendaraan sepeda motor Vario nopol N-2590-FP, yang dikendarai Teofilus Marcelino Adi, warga Desa Suwaru, Kecamatan Pagelaran. Lantaran jarak yang terlalu dekat, remaja 19 tahun itu tidak bisa menguasai laju kendaraannya. Alhasil, pengendara sepeda motor matic itu langsung menghantam tubuh kedua manula yang sedang menyebrang jalan tersebut.

Warga serta pengguna jalan yang mengetahui insiden ini, bergegas menyelamatkan tiga orang yang terlibat kecelakaan. Sedangkan sebagian warga lainnya, memilih melaporkan peristiwa ini ke pihak kepolisian. ”Akibat dihantam motor, kedua korban penyeberang jalan mengalami luka benturan dibagian kepala. Selain itu kedua korban juga mengalami patah tulang di bagian kaki. Sedangkan pengendara motor berhasil selamat, dan hanya mengalami luka lecet,” sambung Ainun.

Unit Laka Lantas Polres Malang yang mendapat laporan, langsung dikerahkan ke lokasi kejadian. Dengan menggunakan mobil ambulan, kedua manula yang mengalami luka parah dibagian kepala dan kakinya tersebut, langsung dievakuasi ke Rumah Sakit. ”Berdasarkan informasi yang kami peroleh, saat ini kedua penyeberang jalan yang terlibat kecelakaan kondisinya masih kritis. Keduanya kini masih menjalani perawatan intensif di RSUD Kanjuruhan Kepanjen,” terang perwira polisi dengan tiga balok di bahu ini. 

Hingga berita ini ditulis, pihak kepolisian masih terus mendalami keterangan dari beberapa saksi serta hasil olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) yang didapatkan petugas. ”Kendaraan sepeda motor yang terlibat kecelakaan sudah kami amankan sebagai barang bukti. Kasus ini masih dalam tahap penyidikan,” tutup mantan Kasat Binmas Polres Malang ini.