Warna - Warni Khatulistiwa Jadi Pembuka Malam Puncak Festival Panji Nusantara 2019 di Kota Malang

MALANGTIMES - Berbagai tarian mulai dari Tari topeng, Tari Beskalan, Reog Ponorogo, Jaranan dan tari modern dihadirkan oleh PPST SMAN 10 Malang dalam pementasan yang berlangsung pada Jum'at malam (12/7) di Taman Krida Budaya Jawa Timur (TKBJ).

Diiringi dengan musik 'Zamrud Khatulistiwa' yang dipopulerkan oleh Chrisye semakin menambah semarak suasana. Semua penari berkumpul dan menunjukkan keberagaman Indonesia.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Edy Irawan mengatakan Indonesia platform kebudayaan merupakan program dari Kemendikbud RI. Di Jawa Timur tokoh Panji menjadi sosok tokoh yang besar dan menghadirkan budaya asli Indonesia.

foto pembukaan malam puncak Festival Panji (Foto: Yogi Iqbal/MalangTIMES)



"Disinilah kami secara bersama, mencoba untuk membuka ruang, yang tadinya tersekat - sekat antara pemerintah, komunitas kini mulai saling diketemukan, salah satu upayanya melalui Festival Panji Nusantara 2019," ujar dia.

Ia menambahkan festival panji sudah digelar sejak beberapa tahun lalu, namun di Indonesia memang sedikit berbeda. "Pertemuan kelompok dengan pelaku kebudayaan terutama Panji diundang kembali, dengan maksud menguatkan ekosistemnya," imbuhnya.

Lebih lanjut, ia mengharapkan Festival Panji Nusantara bisa diikuti dan dikembangkan di wilayah - wilayah lain di Indonesia selain Jawa Timur. Contoh di Kota Malang sebagai kota pendidikan, kaum mudanya turut serta dalam Festival Panji kali ini.

foto pembukaan malam puncak Festival Panji (Foto: Yogi Iqbal/MalangTIMES)



Hal itu menurutnya, menunjukkan jika warga Kota Malang tidak melihat kebudayaan sebagai sesuatu hal yang kuno tapi malah menjadi hal menarik bagi kaum muda. "Harapannya festival ini bisa ditiru oleh wilayah lain. Malang ini potensial, dan pertunjukan ini diperankan oleh kaum muda. Kaum mudanya mulai mengerti, mencintai dan menindaklanjuti nilai - nilai luhur budaya ini," pungkas dia.

Dalam acara malam puncak Festival Panji Nusantara 2019 ini turut dihadirkan Pertunjukan Malang Beksan Community, Pertunjukan PPST SMPN 4 Kota Malang, Pertunjukan Sanggar Jaka Baru (Jawa Barat), Pertunjukan Ida El Bahra (Sulsel) dan Sajian Sanggar Paripurna – Bali.

Top