311 CJH Kota Batu Dilepas Wali Kota Batu Dewanti, Berikut Jadwal Keberangkatan Mereka Menuju Makkah

MALANGTIMES - Sebanyak 311 calon jamaah haji (cjh) Kota Batu dilepas Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani sebelum mereka terbang nenunaikan ibadah haji, Jumat (12/7/2019). Saat melepas CJH ini Dewanti memberikan banyak pesan dan ikut berdoa agar para jamaah kembali dengan sehat dan jadi haji mabrur.

Dewanti berpesan kepada CJH agar tidak mengonsumsi es saat berada di sana. Melihat cuaca di sana cukup panas tidak bagus untuk kesehatan. 

“Mengingat, cuaca yang sangat panas jika banyak minum es akan membuat seorang terkena batuk,” kata Dewanti.

Tidak hanya itu saja, para CJH juga disarankan mempersiapkan obat-obatan untuk jaga-jaga jika tiba-tiba sakit di tengah menjalankan ibadah.

“CJH Kota Batu saya harap senantiasa menjaga kesehatan dan sabar dalam menjalankan ibadah. Diberi kelancaran, kekuatan dan keselamatan, serta kembali pulang menjadi Haji yang mabrur,” harapnya.

Kloter 27 terdiri dari 311 jamaah diberangkatkan pada Senin (15/7/2019)  di Madinah Selasa (16/7/2019) selama 40 hari dan dijadwal akan kembali ke Kota Batu pada 26 Agustus 2019.

CJH Kota Batu tergabung dalam kloter 27 yang terdiri dari tiga kabupaten/kota yakni Kota Surabaya, Kota Batu dan Kabupaten Lumajang.

Kepala Kementrian Agama Kota Batu Nawawi menambahkan, seluruh jamaah akan diberangkatkan menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada Senin (15/7/2019) mendatang dan selanjutnya akan diberangkatkan menuju Jeddah keesokan harinya yakni Selasa (16/7/2019).

Dari 311 CJH itu usia tertua adalah 89 tahun. Sedangkan untuk usia termuda yakni 26 tahun. “Jamaah haji ini akan didampingi lima petugas yang terdiri dari Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah Haji, 1 Dokter dan 2 Paramedis,” kata ucap Nawawi. 

Jumlah CJH Kota Batu mengalami peningkatan jika dibanding tahun sebelumnya yakni 287 CJH, terhitung mengalami peningkatan sebanyak 24 orang. 

Top