Plt Bupati Malang Sanusi beserta rombongan saat studi replikasi di RSUD dr Iskak Tulungagung (Humas Pemkab Malang)

Plt Bupati Malang Sanusi beserta rombongan saat studi replikasi di RSUD dr Iskak Tulungagung (Humas Pemkab Malang)



MALANGTIMES - Plt Bupati Malang Sanusi, meminta kepada penyelenggara kesehatan di wilayahnya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Malang. Khususnya, pelayanan kesehatan di tingkat rumah sakit umum daerah (RSUD).

Permintaan Sanusi didasarkan pada penilaiannya, setelah melakukan studi replikasi ke RSUD dr. Iskak, Tulungagung, Jawa Timur (Jatim). Terkait pola pelayanan dan pengelolaan manajemen RSUD dan mekanisme penyelenggaraan promosi kesehatan rumah sakit.

Dimana, menurutnya, pelayanan kesehatan di Kabupaten Malang, khususnya di RSUD, masih dinilai kurang. "Kalau melihat di RSUD dr. Iskak Tulungagung, kita masih perlu banyak belajar dan berubah," ucap Sanusi, Jumat (12/07/2019).

Tanpa adanya perubahan, lanjut Sanusi, maka masyarakat sebagai pengguna layanan kesehatan, bisa lari atau beralih  mencari pelayanan kesehatan alternatif. Dimana, di  era saat ini, semakin banyak tumbuh unit pelayanan kesehatan, baik rumah sakit swasta dan lainnya.

"Dengan kondisi itu, masyarakat akan meninggalkan layanan kesehatan milik daerah. Ini menjadi wajar, karena masyarakat semakin menuntut pelayanan yang bermutu dan paripurna. Masyarakat semakin kritis dan membutuhkan pelayanan prima," ujarnya.

''Apabila rumah sakit tidak mempersiapkan kelengkapan dan kelayakannya, utamanya terkait pelayanan, maka tidak menutup kemungkinan masyarakat akan mencari sarana kesehatan alternatif lainnya. Rumah sakit khususnya milik pemerintah, yakni RSUD Kanjuruhan dan Lawang untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya. Kami merasa Pemkab Malang masih ada kekurangan sehingga perlu menimba ilmu terkait hal tersebut," tegas pria yang dikenal ramah ini.

Upaya pelayanan kesehatan sesuai Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit, secara tegas menyatakan, bahwa rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna. Baik pelayanan dengan pendekatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif), dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif), yang dilaksanakan menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan.

Dengan tugas dan fungsinya itulah, Sanusi berharap seluruh RSUD khususnya, bisa terus meningkatkan pelayanan paripurna. Untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat.

"Kita perlu banyak belajar untuk mereplikasi keberhasilan RSUD lain di luar daerah. Walau saya sadari tentunya tidak mudah menyelenggarakan  pelayanan paripurna. Tapi, kalau yang lain bisa, kita pun tentu bisa," tegas Sanusi.

Disinggung terkait berbagai pelayanan paripurna di RSUD dr Iskak Tulungagung, Sanusi mengatakan, pihaknya akan mengadopsi berbagai keberhasilan di sana.

Walaupun, lanjutnya, tidak mungkin secara sekaligus. "Bertahap. Misalnya kita bisa adopsi dalam pelayanan medis, kecepatan menangani pasien dan ketersediaan tenaga medis. Dari segi pelayanan, pendapatan dan bahkan kebersihan di sana memang lebih baik. Ini yang akan coba kita adopsi dulu," ungkapnya.

Pemkab Malang pun dalam upaya mencapai pelayanan paripurna di RSUD yang dimilikinya, yaitu RSUD Kanjuruhan dan Lawang. Akan terlebih dahulu melakukan pemetaan potensi. 
"Kita petakan dulu potensi. Apa yang bisa dikerjakan untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat," tukasnya.

Beberapa kelebihan yang dicatat dalam studi replikasi di Tulungagung terkait penataan sistem manajerial  rumah sakit yang telah berjalan baik. Dari sistem keorganisasian, pembinaan kepegawaian, dan penanganan administrasi.
Hal lain penggunaan strategi yang meliputi Survive terdiri dari efisiensi dan efektivitas, pengembangan inovasi dan enterpreneurship, serta menjaga keberlanjutan dari visi dan misi serta low enforcement.

"Di sana juga telah diterapkan konsep Diamond Haad Drill dalam melayani masyarakat. Artinya, seluruh perangkat yang ada di RS harus saling mendukung, punya kepedulian tinggi atas tugasnya dan sinergi dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," pungkas Sanusi.
 

End of content

No more pages to load