Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hiburan, Budaya dan Seni

Kembali Hadir, Festival Panji Nusantara Siap Menyapa Warga Kota Malang

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Lazuardi Firdaus

10 - Jul - 2019, 13:51

Poster Festival Panji Nusantara (Disbudpar Kota Malang for MalangTIMES)
Poster Festival Panji Nusantara (Disbudpar Kota Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kembali hadir, Festival Panji Nusantara siap menyapa warga Kota Malang dan sekitarnya. Menyuguhkan sederet aksi dan seni budaya, festival yang digelar setiap tahun ini akan dimulai sejak Rabu (10/7/2019) hingga Jumat (12/7/2019) mendatang. 

Sama seperti tahun sebelumnya, event ini akan digelar di Taman Krida Budaya Jawa Timur (TKBJ).

Baca Juga : Sambut HUT ke 106, Wali Kota Sutiaji Ajak Masyarakat Ukir Sejarah Lewat "Malang Bercerita" Bersama MalangTIMES

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan kolaborasi antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur. Tema yang diambil tahun ini bertajuk Festival Panji Nusantara 2019.

"Jadi itu kolaborasi dengan Kementerian dan Pemprov Jatim," katanya saat dikonfirmasi wartawan.

Direncanakan, akan ada banyak penampilan ciamik yang dapat dinikmati masyarakat. Mulai dari Sendratari Wayang Panji dan juga performa dari Komunitas Topeng Malang. Karena Festival Panji ini sendiri terinspirasi oleh kisah-kisah panji yang terpahat dalam relief berbagai candi di Jawa Timur. Terlebih, beberapa tarian topeng selama ini juga banyak terinspirasi oleh cerita panji. Diantaranya seperti Ragil Kuning dan Sekar Taji.

Rangkaian kegiatan yang dapat dinikmati warga diantaranya Dongeng Cerita Panji yang dibawakan Kampung Dongeng Malang Raya pada Kamis (11/7/2019) besok. Kemudian ada lomba mewarna cerita Panji tingkat Taman Kanak-Kanak B. Selain itu ada pula pagelaran Komunitas Bantengan dan Jaranan Kota Malang dan dilanjutkan dengan Festival Panji Nusantara 2019.

"Nanti akan ada penampilan dan parade tari budaya dari DI Yogyakarta sampai pertunjukan oleh Sanggar Naka Baru Jawa Barat dan komunitas Kota Malang," jelasnya.

Baca Juga : Corona Mewabah, Ajang Musik Metal Se-Indonesia Diundur Tahun Depan

Sementara pada Jumat (12/7/2019) mulai pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB akan ada performa Dongeng Cerita Panji dan Lomba Mewarna Wayang Panji tingkat Sekolah Dasar. Lalu akan dilanjutkan dengan Pergelaran Komunitas Reog Kota Malang. 

Sedangkan dari Pukul 19.00 WIB sampai 22.00 WIB, warga bisa menikmati rangkaian festival seperti Tari Selamat Datang dari Kota Malang, pertunjukan Sanggar Miroto dari DI Jogjakarta, Pertunjukan Sanggar Ida Elbahra dari Sulawesi Selatan, Pertunjukan Sanggar Paripurna dari Bali, hingga pertunjukan Sanggar Sapujagad dari Kota Blitar.

 


Topik

Hiburan, Budaya dan Seni Festival-Panji-Nusantara-2019 Disbudpar-Kota-Malang Ida-Ayu-Made-Wahyuni Taman-Krida-Budaya-Jawa-Timur


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Lazuardi Firdaus