Tahun Ini, Pemkot Malang Bakal Tutup Toko Modern Nakal

MALANGTIMES - Tahun ini, Pemerintah Kota Malang bakal tutup toko modern nakal. Penutupan direncanakan lantaran toko modern yang telah berdiri tersebut menyalahi aturan hukum. Salah satunya adalah didirikan tak jauh dari lokasi pasar rakyat.

Padahal, dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Malang jelas diatur ada batasan zona untuk pendirian toko modern.

"Dalam Perda kita sudah jelas aturannya bahwa toko modern tak boleh berdiri dengan jarak tertentu dari toko rakyat," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Wasto saat ditemui di sela agenda Sidang Paripurna yang digelar di Gedung DPRD Kota Malang, Rabu (10/7/2019).

Berdasarkan kebijakan Wali Kota Malang, menurutnya sudah ada belasan toko modern yang kini dalam pantauan Pemkot Malang. Belasan toko modern itu saat ini sudah beberapa kali dipanggil dan melalui berbagai prosedur. Diantaranya bahkan sudah dilakukan pemanggilan untuk yang ketiga kalinya.

Wasto menjelaskan, akan ada sanksi administratif dari setiap tahapan yang dilakukan. Jika memang tidak memenuhi aturan sebagaimana diatur, maka toko yang bersangkutan memiliki kemungkinan besar untuk ditutup.

"Dilihat sesuai prosedur, sanksi terberatnya adalah ditutup. Tahun ini sepertinya ada yang ditindak tegas," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Satpol PP Kota Malang Priyadi menjelaskan, semua toko modern yang teridentifikasi menyalahi aturan telah ditindak. Mulai dari peringatan hingga pemanggilan untuk ketiga kalinya. Selanjutnya toko modern bersangkutan akan mendapat sanksi berupa tindak pidana ringan (tipiring).

"Satpol PP tidak berwenang menutup dan sanksi hanya sampai tipiring. Tapi kami siap menutup sesuai dengan keputusan dan kewenangan Wali Kota Malang," katanya.

Top