Percepat Smart City, Kota Malang Lakukan Gebrakan Ini

MALANGTIMES - Persoalan mewujudkan kota menjadi Smart City di Kota Malang memang tidak mudah. Terlebih, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang baru menyadari betapa pentingnya integrasi tata kelola pemerintahan berbasis digital.

"Kita merasa ketinggalan jauh dengan kota dan kabupaten lain berkaitan dengan smart city. Karenanya kita akan pilih beberapa unsur pendukungnya," ujar Wali Kota Malang, Sutiaji usai Rakor Persiapan Pengembangan Smart City Kota Malang, di Ruang Sidang Balaikota Malang, Selasa (9/7).

Ya, beberapa unsur yang akan dipilih Pemkot Malang untuk mempercepat daerahnya dalam penerapan smart city diantaranya, ada smart living, smart branding, dan smart gouvernment.

"Tapi yang kami pilih pertama adalah smart gouvernment-nya ya. Jadi kecerdasan dari kita. Karena dengan itu akan membawa masyarakat terlayani dengan baik," imbuh dia.

Pria yang akrab disapa Aji ini juga berharap, melalui smart gouvernment tersebut tingkat kepercayaan masyarakat di Kota Malang akan kinerja pemerintah akan semakin tinggi.

"Nanti akan ada trust masyarakat terhadap gouvernment yang tinggi. Di saat legitimasi masyarakat tinggi maka secara otomatis program - program pemerintah nanti akan diedukasi, akan d publish dan akan didukung oleh masyarakat sendiri," paparnya.

Melalui smart gouvernment, Politisi Demokrat ini juga berharap seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Malang nantinya terintegrasi melalui teknologi.

"Memang tujuannya adalah integrited. Tapi memang perlahan - lahan," pungkasnya.

Top