Pelepasan Calon Jamaah Haji ASN Pemkot Malang (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Pelepasan Calon Jamaah Haji ASN Pemkot Malang (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Sebanyak 62 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Malang akan melaksanakan ibadah haji tahun ini. Calon jamaah haji itu pun dilepas secara resmi oleh Wali Kota Malang, Sutiaji pada Senin (8/7/2019) di Masjid Baiturrohim Balai Kota Malang.

Dalam kesempatan itu, Sutiaji pun menitipkan pesan agar saat beribadah nanti para korpri yang berkesempatan ke tanah suci turut mendoakan kesejahteraan dan keselamatan bagi jajaran ASN di Pemkot Malang. Khususnya juga adalah warga Kota Malang.

"Kami titip doa untuk keselamatan bersama demi terciptanya suasana yang aman, damai dan tenteram demi kesejahteraan bersama," katanya.

Dalam kesempatan itu, Sutiaji juga berpesan kepada seluruh calon jamaah haji untuk mempersiapkan diri secara maksimal. Karena nantinya akan banyak kegiatan yang membutuhkan banyak energi dan supaya segala rangkaian ibadah dapat dilaksanakan dengan lancar dan khusyuk.

“Saya juga ingin menitipkan pesan khusus kepada para calon jamaah haji, agar benar-benar menjaga kondisi kesehatan fisik, mental maupun materiil," imbuhnha.

Terlebih lagi, lanjut Sutiaji, kondisi cuaca di Arab Saudi jauh berbeda dengan Indonesia. Sehingga membutuhkan kekuatan fisik yang lebih. Karena jadwal ibadah juga cukup padat dan akan banyak menguras kesehatan tubuh. Selain itu dia juga mengingatkan kesabaran dan keikhlasan dari para calon jamaah haji agar ibadah berjalan lebih nyaman.

"Semoga semua dalam keadaan sehat dan mendapatkan haji yang mabrur," tambahnya.

Sementara itu dalam mauidhoh hasanahnya, Ketua MUI Kota Malang, KH. M Baidowi Muslich menyampaikan beberapa hal kepada CJH. Diantaranya  sejarah haji bagi umat Islam,  keutamaan beribadah haji seperti anjuran berbuat kebaikan dan menghindari keburukan selama berhaji serta kiat-kiat agar CJH dapat melaksanakan ibadah haji dengan khusyuk.

Salah satu CJH Korpri Kota Malang, Septiani Dwi  mengungkapkan harapan untuk dirinya dan para ASN lainnya. “Saya berharap agar diberi kelancaran saat menunaikan ibadah haji, diberi kesehatan dan bisa menjadi lebih baik. Semoga bisa menjadi haji yang mabrur. Dan untuk teman-teman ASN yang lain, semoga bisa menyusul," jelas perempuan yang berdinas pada bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Malang itu.

Tak sendiri, pelepasan CJH Korpri itu Wali Kota Malang Sutiaji juga didampingi oleh Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, Wakil Ketua 2 Dewan Pengurus Korpri Abdul Malik, serta Ketua MUI KH. M Baidowi Muslich. Tahun 2019 ini, CJH Korpri yang berangkat menunaikan ibadah haji berjumlah 62 orang yang terdiri dari 14 jamaah laki-laki dan 48 jamaah perempuan.