Deretan Film Korea

Deretan Film Korea



MALANGTIMES - Hallyu atau Korean Wave memang terasa begitu deras di berbagai belahan dunia. Bukan hanya industri musik dan drama saja, dunia film ternyata juga sudah banyak berpengaruh tak hanya di Asia Tenggara melainkan juga sampai ke Eropa.

Hal itu tampak jelas melalui sederet film karya sutradara negeri gingseng itu yang berhasil tembus ke kancah Hollywood. Beberapa bahkan sengaja diremake untuk meramaikan dunia perfilman dunia. Selain itu, tak sedikit pula yang mendapat penghargaan bergengsi kelas dunia.

Sebagian besar film itu merupakan karya dari sutradara kenamaan. Genre film yang diangkat pun beragam, mulai dari drama, action, hingga komedi. Namun ada juga beberapa film yang bermula dari kisah nyata, dan semuanya berhasil membuat pecinta Korea meleleh.

Penasaran seperti apa film-film yang banyak mencuri perhatian itu? Berikut ini deretan film asal negeri gingseng yang kemudian berhasil tembus ke kancah internasional.

1. Oldboy

Film ini dirilis pada 2003 dan mendapatkan penghargaan di Cannes Film Festival pada tahun 2004. Film ini menceritakan tentang seorang pria yang dikurung selama 15 tahun dan akhirnya membalaskan dendamnya. Saking bagusnya, pihak Hollywood akhirnya me-remake film ini pada 2013. Namun sayangnya, hasil remake itu dinilai tidak sebagus film original yang dikeluarkan pada 2003 lalu.

2. The Attorney

Film ini disutradarai oleh Yang Woo Suk. Film ini mendapat peringkat ke-8 film Korea terlaris dan pada 2014. Film ini berhasil menduduki posisi kedua dan menuai keuntungan tertinggi. Film ini terinspirasi dari kisah nyata dimana seorang guru, murid dan pekerja kantor yang bergabung dalam klub buku ditahan tanpa adanya surat perintah dengan alasan berafiliasi kepada Korea Utara.

3. My Sassy Girl

Film bergenre drama komedi ini sangat populer sejak 2001 sampai sekarang. Film ini dikabarkan merupakan film komedi Korea terlaris sepanjang masa.  Selain sukses di Korea, film ini juga sukses di beberapa negara seperti Jepang, Taiwan, Hongkong dan negara di Asia Tenggara lainnya. Saking bagusnya film ini bahkan sampai di remake oleh Hollywood.

4. The  Chaser

Berbeda dengan film-film sebelumnya, film aksi-thriller ini juga terinspirasi dari kisah nyata, yaitu seorang pembunuh berantai bernama Yoo Young Chul. Karir dari pemeran utamanya melejit karena sukses dalam memerankan perannya. Film ini disutradari oleh Na Hong Jin dan mendapMy pengakuan luar biasa dalam kancah internasional.

5. Miracle in Cell no 7

Mungkin beberapa dari pembaca sudah pernah menonton film ini. Karena film yang dirilis pertama kali pada 2013 lalu itu dikabarkan menjadi peringkat pertama film Korea terbaik sepanjang masa. 

Film ini mengisahkan seorang pria cacat mental dan anak perempuannya. Pria tersebut diceritakan harus dipenjara karena tertuduh melakukan pembunuhan dan pelecehan anak. Di penjara para napi dalam sel itu mencoba membantunya untuk bertemu putrinya lagi dengan menyelundupkan ke penjara. 

Momen mengharukan terjadi dalam film ini dan dijamin akan membuat penonton meneteskan air mata. Sementara sederet bintang ternama seperti Ryu Seung-ryong, Kal So won dan Park Shin Hye berhasil menguras air mata penonton.

Nah, itu dia sederet film asal negeri gingseng yang banyak mendapat perhatian dari dunia internasional. Semkga informasinya bermanfaat ya gengs, dan selamat membaca.

End of content

No more pages to load