Kota Malang resmi melakukan MoU dengan Kota Surakarta dan Pemantang Siantar. (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

Kota Malang resmi melakukan MoU dengan Kota Surakarta dan Pemantang Siantar. (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).



MALANGTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji mewujudkan keinginannya untuk menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan dua kota sekaligus di sela-sela kegiatan Rakernas Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) XIV 2019 di Kota Semarang. Kali ini, Kota Malang berhasil meneken kerja sama dengan Kota Surakarta (Jawa Tengah) dan Kota Pemantang Siantar (Sumatera Utara).

 Sutiaji menyampaikan, kerja sama tersebut sengaja dibuat untuk mewujudkan efisiensi, efektivitas, dan sinergitas penyediaan pelayanan umum kepada masyarakat serta bidang pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan. Terutama dalam memberikan layanan publik yang sudah terbukti berhasil diterapkan di sebuah daerah.

"Menyinergikan sumber daya dan potensi yang dimiliki masing-masing daerah serta mendorong pengembangan perekonomian daerah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat akan menjadi tujuan kerja sama ini," ujar Sutiaji.

Dalam MoU yang dilakukan dengan Surakarta, sister city  akan lebih difokuskan pada pengelolaan manajemen parkir yang sudah online dan pengelolaan tinja. Sedangkan dengan Pematang Siantar, Kota Malang akan lebih banyak belajar tentang pembentukan dan pengelolaan Perusahaan Umum Daerah Aneka Usaha.

Selain  Surakarta dan Pemantang Siantar, politisi Demokrat itu juga menyampaikan keinginannya untuk melakukan MoU sister city dengan Kota Semarang. Tujuannya adalah mempelajari pengelolaan IT (teknologi informasi).

"Ke depan, kami juga akan mengupayakan kerja sama dengan Pemprov Daerah Istimewa Jogjakarta. Soalnya, satu-satunya provinsi yang memiliki SAKIP dengan nilai AA di Indonesia hanyalah Pemprov DIY," imbuhnya.

Penandatanganan MoU dari Kota Surakarta dihadiri oleh Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo. Sedangkan dari Kota Pematang Siantar, hadir Wakil Wali Kota Pematang Siantar Togar Sitorus.

Kerja sama sister city ini juga akan melakukan transfer pengetahuan dan pertukaran data informasi potensi peningkatan BUMD dalam upaya pengembangan perekonomian bagi masing-masing daerah.

Penandatanganan MOU antara Kota Malang dengan dua kota tersebut pun mendapatkan apresiasi dari Mendagri Tjahjo Kumolo dan Ketua Apeksi Airin Rachma Diani yang juga wali kota Tangerang Selatan. Menurut Tjahjo, upaya itu menjadi salah satu terobosan positif dan perlu ditradisikan serta wujud konkret dari sebuah kolaborasi.

Sementara itu, turur hadir menyaksikan MoU, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto, dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Malang. Penandatanganan MoU dilakukan di Hotel PO Semarang pada Rabu (3/7/2019) malam.

 

End of content

No more pages to load