Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang M Hidayat (tengah) diapit Plt Sekdin Puji Hariwati (kanan) dan Kasubag Renvapor Cecep Lily

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang M Hidayat (tengah) diapit Plt Sekdin Puji Hariwati (kanan) dan Kasubag Renvapor Cecep Lily



MALANGTIMES - Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, kembali mengingatkan terkait penggunaan bantuan operasional sekolah (BOS) kepada lembaga pendidikan yang menerimanya di tahun 2019.

Wanti-wanti dari Dinas Pendidikan Kabupaten Malang ini disampaikan secara langsung oleh orang nomor satunya dan dikuatkan juga oleh Plt Sekretaris Dinas. Dalam acara Sosialisasi BOS 2019 yang digelar di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Malang.

M Hidayat yang akrab disapa Dayat, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, menyampaikan, sosialisasi BOS 2019 menjadi sangat penting dilakukan.

"Ini menjadi sangat penting agar tidak ada penyimpangan-penyimpangan atau malpraktik dalam penggunaan BOS di tahun 2019 ini," kata Dayat, Rabu (03/07/2019).

Pernyataan tegas Dayat tersebut didasarkan pada berbagai perubahan baru dalam kebijakan BOS 2019. Sehingga untuk mencegah adanya salah pemanfaatan karena ketidaktahuan penerima BOS, terutama penyelewengan atau malpraktik di tingkat lapangan, Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, mengadakan sosialisasi dan rapat koordinasi yang dilaksanakan Selasa (02/07/2019) kemarin.

"Ada beberapa kebijakan dalam pemanfaatan BOS yang tentunya patut diketahui dan dipahami oleh para penerima di tahun ini. Ini menjadi sangat penting dalam upaya menegakkan aturan dalam pendidikan," ujar Dayat.

Terpisah, Plt Sekdin Pendidikan Kabupaten Malang, Puji Hariwati yang juga pelaksana BOS juga menegaskan apa yang disampaikan kepala dinasnya. Puji bahkan berkali-kali menekankan terkait pemanfaatan BOS agar tidak sampai terjadi malpraktik.

"Kita tekankan hal ini berkali-kali kepada seluruh penerima BOS. Tujuannya agar pemanfaatan BOS benar-benar tepat sasaran dan tidak menimbulkan persoalan," ujarnya.

Perempuan berhijab ini juga menyampaikan, seluruh penerima BOS wajib mempedomani 10 poin ketentuan dalam penggunaannya sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 18 tahun 2019.

"Dana BOS jangan dimanfaatkan lain-lain diluar ketentuan peruntukannya. Jangan melakukan malpraktik dalam menyelenggarakan pendidikan dan pedomani aturan terkait hal itu," ucap Puji yang menekankan, bahwa pembiayaan operasional sekolah bukan atas keinginan personal, melainkan sesuai kebutuhan riil berdasarkan skala prioritas. 
 

 

End of content

No more pages to load