Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang M. Hidayat (kiri) meminta para guru terus belajar hal baru dengan perubahan zaman saat ini dalam proses pembelajaran. (Nana)

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang M. Hidayat (kiri) meminta para guru terus belajar hal baru dengan perubahan zaman saat ini dalam proses pembelajaran. (Nana)



MALANGTIMES - Tidak bisa ditolak. Perubahan zaman saat ini telah mengubah berbagai sektor kehidupan. Tak terkecuali dalam dunia pendidikan.

Pesatnya teknologi informasi secara nyata telah juga mengubah berbagai kebutuhan dalam proses belajar mengajar di berbagai lembaga pendidikan. Tidak berubah, maka akan tergilas dengan perkembangan zaman saat ini.

Kondisi inilah yang membuat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang M. Hidayat atau Dayat-sapaan akrabnya- meminta kepada seluruh guru untuk terus belajar hal-hal baru. "Tantangan yang dihadapi anak saat ini sangat berbeda dengan masa sebelumnya. Oleh karena itu, para guru sebagai garda depan pendidikan dituntut untuk menyesuaikan diri dengan perubahan zaman. Guru harus terus belajar hal baru," kata Dayat menyikapi perkembangan zaman saat ini, Senin (01/07/2019).

Permintaan orang nomor satu di Dinas Pendidikan Kabupaten Malang ini memang tidak bisa ditunda-tunda terkait perubahan cepat yang dibawa oleh teknologi informasi dalam revolusi industri 4.0. Proses belajar mengajar konvensional seperti masa lalu akan tertinggal jauh bila masih dipraktikkan di sekolahan.

Berbagai medium pembelajaran pun tidak hanya terpaku pada buku pelajaran. Ruang-ruang lebar untuk mengakses ilmu dan pengetahuan saat ini telah disediakan secara luas oleh teknologi informasi melalui layanan internet. 

Hal inilah yang tentunya perlu dicermati dan juga diantisipasi para guru dewasa ini. "Guru harus belajar untuk mengenal teknologi informasi terkait proses pembelajaran pada siswanya. Jangan sampai gurunya kalah oleh siswa terkait hal ini. Zaman berubah dan para guru juga harus mengikutinya," urai Dayat.

Kondisi saat ini, lanjut Dayat, para guru juga berhadapan dengan siswa yang berbeda dengan zaman dulu. Dimana kini para siswa merupakan generasi milenial atau generasi digital.  "Oleh sebab itu, strategi pembelajaran pun harus disesuaikan. Ini bisa berjalan bila para guru juga terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital," imbuh Dayat yang telah berhasil mengembangkan berbagai aplikasi digital dalam mempermudah berbagai pelayanan di sektor pendidikan.

Senada dengan Dayat, Kepala Bidang Teknis dan Kependidikan Suwandi juga menyampaikan hal senada dengan pimpinannya. Dirinya mengatakan, guru saat ini memang dituntut untuk memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan siswa saat ini.

"Ini tidak bisa dilepaskan untuk mencapai terwujudnya kualitas pendidikan di Kabupaten Malang. Guru dituntut untuk terus belajar hal-hal baru, khususnya terkait penggunaan teknologi informasi saat ini," ucapnya.
 

 

End of content

No more pages to load