MALANGTIMES - Bagi banyak orang, komedo merupakan hal kecil yang sangat menganggu. Komedo adalah benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit. Komedo merupakan penumpukan kotoran wajah yang biasanya berasal dari debu halus atau make up yang menyumbat pori-pori. Ia merupakan cikal bakal jerawat.

Banyak orang mengupayakan berbagai cara untuk menghilangkannya. Namun sebelum menggunakan obat-obatan, terdapat cara menghilangkan komedo secara alami yang bisa dicoba.

Jika cara yang selama ini kamu lakukan untuk mengatasi komedo belum berhasil, coba beberapa beberapa langkah untuk mengatasi komedo dengan cara alami berikut ini.

1. Masker Putih Telur

Putih telur merupakan bahan alami yang cukup efektif digunakan untuk menghilangkan komedo di hidung. Untuk membuat masker putih telur, siapkan satu buah telur dan ambil bagian putihnya, kapas, dan tisu. Berikut langkah-langkah pembuatan maskernya putih telur.

a. Kocok putih telur hingga berbusa
b. Gunting tisu sesuai dengan kebutuhan.
c. Oleskan putih telur ke bagian wajah yang berkomedo (misalnya hidung).
d. Lapisi dengan tisu yang sudah digunting.
e. Oleskan lagi kocokan putih telur di bagian atas tisu.
f. Tunggu hingga benar-benar kering (sekitar 30 menit).
g. Cabut tisu yang ditempelkan di wajah dari arah bawah ke atas.
h. Bersihkan wajah menggunakan air dingin.

Kalau bisa, sebelum mengaplikasikan masker pastikan pori-pori kulit terbuka dengan cara dibasuh dengan air hangat atau berikan uap air panas. Hal ini diperlukan agar komedo dapat terangkat lebih maksimal.

Untuk menutup pori-pori, gunakan air dingin untuk membilas masker atau kompres dengan es batu. Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker ini 2 kali dalam sebulan.

2. Pasta Gigi 


Kandungan mineral dan flouride yang ada di dalam pasta gigi cukup efektif untuk membersihkan komedo yang ada pada wajah. Selain dapat menghilangkan komedo, pasta gigi juga dapat menjadikan kulit wajah halus. Pastikan menggunaan pasta gigi dengan bahan herbal dan memiliki kandungan bahan kimia yang tidak terlalu tinggi.

Berikut langkah-langkah membersihkan komedo dengan menggunakan pasta gigi.

a. Oleskan pasta gigi secukupnya pada area yang berkomedo.
b. Diamkan selama 20-30 menit.
c. Bilas dengan air bersih.

3. Baking Soda


Baking soda dapat digunakan sebagai exfoliant yang mampu menghilangkan kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah. Yang perlu diperhatikan dari penggunaan baking soda ini adalah pemakaiannya. Jangan digunakan setiap hari karena dapat membuat kulit menjadi kering.

Kamu dapat melakukannya dengan cara mencampurkan sedikit baking soda dan air hingga menjadi kental seperti pasta. Kemudian, oleskan pada bagian yang berkomedo. Selanjutnya diamkan beberapa menit hingga kering dan bilas hingga bersih.

4. Lemon dan Garam 


Kandungan yang ada di dalam campuran lemon dan garam cukup ampuh untuk menghilangkan komedo. Kamu bisa mencampur perasan jeruk lemon dengan satu sendok garam dan satu sendok teh yoghurt plain, dan sedikit madu hingga merata.

Kemudian, oleskan campuran tersebut ke permukaan wajah dan diamkan selama 2-3 menit. Selanjutnya, bersihkan wajah dengan air hangat.