MALANGTIMES - Keris tidak bisa dipisahkan dari kehidupan budaya Indonesia, bahkan di balik keberadaan keris itu sendiri terdapat peristiwa-peristiwa unik hingga menjadikannya salah satu bentuk sejarah dari Bangsa Jawa.

Bahkan di balik kesaktian dari keris, banyak cerita yang turun temurun dipercaya bahwa kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari keris yang notabene adalah senjata raja-raja masa lampau dari nusantara.

Berikut adalah keris yang memiliki keampuhan melegenda di tanah Jawa.

1. Keris Mpu Gandring

Bisa dibilang bahwa keris Mpu Gandring merupakan keris legendaris yang memiliki kutukan di dalamnya.

Keris yang dibuat Mpu Gandring atas pesanan Ken Arok ini dikenal sebagai keris yang sangat sakti pada masa itu.

Ketika memesan keris tersebut Ken Arok hanya memberikan waktu kepada si Mpu supaya menyelesaikannya dalam waktu semalam saja.

Permintaannya itupun disanggupi oleh Mpu Gandring yang memang pada dasarnya memiliki kekuatan linuwih yang luar biasa.

Namun sayangnya keris tersebut dianggap belum selesai oleh Ken Arok yang datang pada waktu yang dijanjikan.

Karena dianggap melanggar perjanjian, Mpu Gandring yang saat itu telah menyelesaikan akhirnya ditikam hingga tewas oleh Ken Arok menggunakan Keris Mpu Gandring ciptaannya.

Sebelum kematiannya Mpu Gandring yang merasa dihianati menjatuhkan kutukan kepada keris yang dibuatnya itu. Bahwasanya keris itu akan membunuh 7 turunan Ken Arok.

2. Keris Pusaka Setan Kober

Keris Pusaka Setan Kober merupakan pusaka yang dibuat oleh Mpu Supa Mandagri, salah satu putra Mpu yang terkenal dari Tuban.

Keris legendaris ini dipegang oleh Adipati Jipang Panolan yang sebelumnya merupakan keris milik Ja'far Shodiq atau Sunan Kudus.

Saking kuatnya energi spiritual yang dimiliki, konon ketika bilah keris tersebut dicabut dari warangkanya akan menimbulkan efek getaran energi yang begitu hebat bagi orang-orang di sekitarnya.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa gaib keris tersebut dapat menimbulkan badai dan angin ribut yang sangat menakutkan.

Keris pusaka ini sangat ampuh akan tetapi membawa hawa panas yang dapat mempengaruhi pemiliknya.

Tetapi semenjak kematian Adipati Jipang sampai sekarang, keberadaan keris ini tidak diketahui, seperti halnya keris Mpu Gandring yang misterius.

Ada kepercayaan bahwa keris yang telah dipakai untuk membunuh orang-orang penting pada masa lalu sengaja dimusnahkan karena dianggap telah 'haus darah'.

3. Keris Kyai Sangkelat

Keris Kyai Sangkelat merupakan salah satu piandel pada masa pemerintahan Prabu Kertabumi atau Brawijaya V yang dibuat oleh Mpu Supa Mandagri.

Pusaka baru ini menjadi sangat terkenal karena gaib dan kekuatan yang dimilikinya sehingga menarik perhatian dari para pejabat dan penguasa, salah satunya Adipati Blambangan.

Rasa ketertarikan yang begitu kuat, Adipati Blambanganpun memerintahkan orang kepercayaannya untuk mencuri pusaka tersebut demi kejayaan Blambangan.

Rencana itupun berhasil hingga keris berada di bangsawan Blambangan tersebut.

Hilangnya pusaka piandel kerajaan membuat sang raja menjadi gusar sehingga beliau memerintahkan mpu pembuatnya untuk mencarinya.

Akhirnya Mpu Supa pun mengembara guna menemukan pusaka tersebut. Selama mengembara beliau menyamar sebagai seorang pandai besi yang membuat alat-alat pertanian dan juga alat-alat perang.

Singkat cerita, kepandaiannya dalam membuat alat-alat peperangan membawanya ke hadapan Adipati Blambangan.

Diperintahkannya Mpu Supa Mendagri untuk membuat keris tiruan yang serupa dengan keris Kyai Sangkelat yang telah dicurinya.

Seperti mendapatkan berkah dari Tuhan, Mpu Supa pun akhirnya membuat tiruan yang sama persis dengan keris itu dan menukarnya.

Setelah mendapatkan keris yang dimaksud, Mpu Supa pun meninggalkan Blambangan untuk menghadap kepada Raja Majapahit beberapa bulan setelahnya.

Pusaka legendaris ini memiliki kekuatan yang sangat dahsyat dan bahkan mampu membendung segala macam penyakit yang dulu menyerang Kerajaan Majapahit.

4. Keris Nogososro

Keris Nogososro juga merupakan salah satu keris legendaris peninggalan Majapahit yang dibuat oleh seorang mpu sakti mandraguna bernama Mpu Kinom.

Ada yang meyakini bahwa keris Nogososro merupakan keris tersakti yang bisa membantu melanggengkan kekuasaan seseorang.

Kekuatan yang dimiliki keris Nogososro digadang-gadang mampu menaklukan jagat kayangan apabila mengamuk.

Tak heran meski zaman sudah berganti semodern seperti sekarang ini, masih banyak sekali orang yang berusaha untuk memburunya.

Keberadaan keris Nogososro sekarang masih misterius dan tidak diketahui keberadaannya. Ada yang bilang bahwa keris tersebut pernah dimiliki oleh Presiden pertama kita yaitu Ir. Soekarno, akan tetapi benar tidaknya hanya Tuhan yang tahu.