MALANGTIMES - Dalam kurun waktu sekitar satu bulan belakangan ini, insiden kebakaran marak terjadi di Kabupaten Malang. Terhitung sejak awal bulan ramadan hingga akhir bulan mei, sedikitnya sudah ada 10 peristiwa kebakaran yang terjadi di Kabupaten Malang.

“Berdasarkan catatan yang kami himpun, beberapa tahun ini jumlah kebakaran memang mengalami peningkatan hingga lebih dari dua kali lipat,” kata Kepala Seksi PPBK (Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran) Kabupaten Malang, Agus Suyanto kepada malangtimes.com.

Jumlah peningkatan kasus kebakaran paling signifikan mulai mengalami kelonjakan sejak tahun 2017 silam. Dimana, pada tahun tersebut terjadi insiden kebakaran sebanyak 37 kali. Bergeser ke tahun 2018, jumlahnya mengalami peningkatan sekitar 125 persen. Yakni sebanyak 86 peristiwa kebakaran yang terjadi di beberapa titik di Kabupaten Malang disepanjang tahun 2018 lalu. “Pada tahun ini, sejak januari hingga mei 2019 sudah ada 20 peristiwa kebakaran yang terjadi di Kabupaten Malang,” imbuh Agus.

Jumlah tersebut diprediksi juga bakal mengalami peningkatan jika dibanding tahun 2018 silam. Sebab, di tahun lalu, musibah kebakaran rata-rata hanya terjadi saat musim kemarau. Sedangkan di tahun 2019, musibah kebakaran nyatanya tidak hanya melanda saat musim kemarau saja. Namun saat musim penghujan juga marak terjadi kebakaran.

“Ketika memasuki musim hujan di tahun 2019 ini. Musibah kebakaran biasanya terjadi karena faktor kelalaian manusia, seperti kebakaran yang terjadi pada kios tambal ban, penjual bensin, hingga peran orang tua yang tidak mengawasi anaknya saat bermain korek.  Selain faktor manusia, arus pendek yang mengakibatkan korsleting listrik juga jadi penyebab utama kebakaran,” sambung Agus.

Sedangkan saat memasuki musim kemarau, lanjut Agus, insiden kebakaran biasanya terjadi di area ladang dan persawahan. “Ketika musim kemarau lahan yang kering, dapat dengan mudah terbakar hanya karena percikan api dengan intensitas kecil. Meskipun hanya membuang putnung rokok sekalipun,” tutup Agus kepada MalangTIMES.com.