Petugas kepolisian saat menilang ribuan pengguna jalan karena tidak mengenakan helm di Kabupaten Malang. (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)

Petugas kepolisian saat menilang ribuan pengguna jalan karena tidak mengenakan helm di Kabupaten Malang. (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)



MALANGTIMES - “Kan hanya dekat, jadi tidak pakai helm.” Begitu kiranya ucapan para penggendara sepeda motor saat ditilang polisi karena tidak mengenakan helm saat berkendara. 

Terbukti, berdasarkan data terbaru yang dihimpun Polres Malang, tahun 2019, ribuan pengendara motor ditilang karena tidak mengenakan piranti keselamatan yang dikenakan di kepala tersebut. “Berdasarka catatan kami, terhitung sejak Januari hingga April lalu, sudah ada 2.409 pengguna jalan yang kami tilang karena tidak dilengkapi dengan kelengkapan berkendara,” kata Kasatlantas Polres Malang AKP William Thamrin Simatupang.

Dari jumlah tersebut, lanjut William, sekitar 75 persen didominasi  pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm ber-SNI (standar nasional Indonesia). Sisanya, pelanggaran karena tidak dilengkapi perlengkapan berkendara ini dilakukan oleh pengemudi R4 dan R6 (mobil dan truk) yang tidak mengenakan sabuk pengaman saat mengemudikan kendaraannya.

“Para pengendara R2 yang kedapatan tidak mengenakan helm rata-rata alasannya sama. Yakni karena dekat, jadi tidak sempat mengenakan helm. Padahal kecelakaan bisa terjadi kapan saja. Bukan karena jarak yang dekat, kemudian tidak akan terlibat kecelakaan,” tandas perwira polisi dengan tiga balok di bahu ini.

Jika dilihat secara lebih rinci, dalam setiap bulan, ada sekitar 500 pengendara motor yang ditilang karena tidak mengenakan helm. Pada Januari lalu misalnya, Satlantas Polres Malang memghadiahi 597 surat tilang kepada pengguna jalan yang tidak mengenakan mengenakan helm.

Lanjut Februari, polisi memberikan surat tilang kepada 689 pengguna jalan karena tidak mengenakan perlengkapan berkendara. Sedangkan Maret lalu, sedikitnya ada 704 surat tilang yang diberikan petugas karena kasus yang sama.

Terakhir, April, Satlantas Polres Malang  menilang 419 pengguna jalan karena tidak mengenakan helm dan sabuk pengaman. “Selalu patuhi peraturan lalu lintas, termasuk mengenakan helm dan sabuk pengaman saat berkendara. Sebab, dengan mematuhi peraturan tersebut, jika ada insiden kecelakaan, setidaknya bisa meminimalisasi cedera,” imbau mantan kasat lantas Polres Ponorogo ini.

 

End of content

No more pages to load