Desain unik yang dimiliki Kota Cianjur (istimewa)
Desain unik yang dimiliki Kota Cianjur (istimewa)

MALANGTIMES - Indonesia memiliki banyak kota, ada yang besar dan ada yang kecil. Semakin padatnya pemukiman penduduk telah menumbuhkan banyak kota di Indonesia dengan fasilitas yang ada sebagai ciri sebuah kota.

Di antara kota-kota tersebut ada beberapa kota yang unik dan layak dijadikan rujukan wisata. Berikut kota-kota unik di Indonesia tersebut

1. Kota Bunga Cianjur

Tak berbeda dengan namanya, kota bunga Cianjur memang terdiri dari kawasan luas yang dipenuhi oleh beragam bunga.

Keunikan dari wisata yang terletak di Jawa Barat ini yaitu terdapat komplek Villa yang totalnya mencapai sekitar 2.500 bangunan.

Tak hanya itu, villa yang ada pun didesain unik dan arsitekturnya mengikuti bentuk rumah di berbagai belahan dunia.

Kawasan kota bungapun dilengkapi dengan danau Little Venice yang didesain mirip dengan danau Venesia di Italia.

Selain itu kalian juga dapat melihat replika patung Merlion yang hanya ada di Singapura. Salah satu permainan paling favorit kota bunga Cianjur adalah berkeliling area kota bunga menggunakan gondola ala Kota Venesia di Eropa.

Selain itu juga masih banyak lagi fasilitas-fasilitas yang lain seperti sepeda air, kapal dan lainnya.

2. Kota Agats Papua

Kota ini terletak di Kabupaten Asmat Papua. Kota ini sangat unik karena hampir semua bangunannya berdiri di atas papan, termasuk jalan-jalan di kota ini.

Agats sendiri didirikan di atas ribuan papan dengan tiang pancang yang juga dari kayu. Semua insfrastruktur baik perumahan, perkantoran dan jalan raya di Kota Agats ini terbuat dari kayu dengan konstruksi panggung.

Aktivitas yang ada di warganya dilakukan di atas papan seperti bersekolah, bekerja bahkan berolahraga seperti sepak bola dan lainnya.

Jalan di Kota Agats pun berupa jembatan kayu yang menghubungkan satu tempat dengan tempat lainnya.

Kendaraan di kota ini hanya ada motor listrik dan sepeda karena hanya kedua jenis kendaraan ini saja yang boleh digunakan di Agats.

Tanah di Agats memang berupa rawa-rawa berlumpur yang tidak cukup kuat dijadikan landasan bangunan.

Wilayah Agats berupa rawa dengan ketinggian air mencapai satu meter sehingga kota ini memang harus dibangun di atas papan.

3. Gili Trawangan (Nusa Tenggara Barat)

Gili Trawangan merupakan lokasi wisata yang sangat banyak pengunjungnya. Di Gili ada beberapa opsi penginapan dari kelas resort berbintang hingga homestay.

Gili Trawangan sudah ramai dengan berbagai fasilitas wisatanya, sehingga sudah pantas disebut dengan kota.

Keunikan Gili Trawangan yaitu tidak terdapat kendaraan bermotor karena tidak diizinkan oleh aturan lokal.

Masyarakat setempat melarang kendaraan beroperasi di pulau kecil itu, sehingga tempat ini bebas dari polusi.

Sarana Transportasi Gili Trawangan adalah sepeda dan kendaraan unik kereta kuda seperti dokar yang sering disebut sebagai Cimodo.

Keunikan lain di sana juga pada peraturan setempat dimana jika ada seseorang yang mencuri, misalnya mencuri celana dalam orang lain yang sedang mandi atau berenang akan diarak keliling kampung, tak peduli itu warga lokal ataupun wisatawan asing.

Menurut media luar negeri hukuman diarak keliling kampung adalah hukuman yang paling memalukan di Indonesia yaitu kehilangan muka.

4. Tembagapura Papua

Kota Tembagapura yang terletak di Kabupaten Timika ini dibangun untuk menunjang kegiatan pertambangan.

Fasilitas yang ada di kota inipun sangat diperhatikan, mulai dari sekolah, pusat perbelanjaan, rumah sakit dan kantor lengkap.

Ternyata kota ini mendapat julukan negeri di atas awan, julukan ini muncul karena keunikan dari faktor alamnya. Percaya atau tidak kota Tembaga Pura selalu diselimuti oleh awan sehingga memiliki curah hujan yang sangat tinggi.

Oleh sebab itu suhu di kota inipun cukup dingin yaitu mencapai 5 sampai 20 derajat celcius.

5. Kuala Kencana Papua

Masih dari Papua, kota Kuala Kencana berada di kawasan Timika. Kota yang berada di tengah hutan ini ternyata memang sengaja dibangun untuk menunjang kegiatan perusahaan tambang di Papua.

Model rumah yang dibuat pun dibentuk menyerupai gaya negara barat, saluran air dan listriknya pun menggunakan sistem bawah tanah.

Letaknya yang berada di tengah hutan membuat Kota Kuala Kencana memiliki batas-batas berupa pepohonan yang sangat lebat. Meskipun demikian kota ini telah dipenuhi oleh berbagai fasilitas yang sangat menunjang.

Misalnya sudah terdapat sekolah, pusat perbelanjaan, rumah sakit, perkantoran dan beberapa fasilitas lainnya.