MALANGTIMES - Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang begitu banyak dikenal masyarakat Indonesia. Mengedepankan asas kemandirian kepada para santri atau peserta didiknya, pondok pesantren terkadang dikenal akan kesederhanaannya.

Tapi seiring berjalannya waktu, pondok pesantren tidak hanya sebatas tempat untuk menggali ilmu agama saja. Melainkan juga berkembang dengan sederet pengetahuan baru untuk mempersiapkan santrinya bersaing dengan dunia global.

Bukan hanya tempat ibadah hingga sekolah saja yang berada di lingkungan pondok pesantren, tapi juga ada beberapa pondok yang memiliki segudang fasilitas mewah yang tak kalah dengan sekolah internasional sekalipun.

Dilansir dari Daftar Populer, setidaknya ada tujuh pondok pesantren paling mewah di Indonesia. Pondok pesantren itu pun dilengkapi dengan beragam fasilitas menarik mulai dari tempat berolahraga, tempat bercocok tanam, asrama super mewah, hingga hotel. Bahkan, beberapa diantaranya disebut sebagai ponpes termewah di Asia Tenggara loh.

Penasaran seperti apa penampakan kemewahan ponpes itu? Berikut ulasannya.

1. Pesantren Maahad Al-Zaytun, Indramayu, Jawa Barat
 


Pondok pesantren ini memiliki luas lahan lebih dari dua ribu hektare dengan jumlah penghuni yang mencapai ribuan pula. Ponpes ini merupakan yang termewah dan termegah di Asia Tenggara. Selain itu, ponpes ini juga terkenal seondokpondok pesantren dengan fasilitas yang terbilang lengkap. Mulai dari asrama, ruang pembelajaran, area olahraga, kantin, hotel, hiburan, kawasan peternakan, dan kawasan perkebunan.

2. Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri 'Asali Fadlaalir Rahmah, Malang
 


Pesantren dengan bangunan mewah dan unik ini konon sudah dibangun sejak 1978 oleh Romo Kyai Ahmad. Ponpes ini pun sudah banyak dikenal oleh wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Karena memang memiliki arsitektur modern yang terbilang cukup mewah. Memiliki 10 lantai, bangunan utama ponpes dan masjid ini pun sekarang banyak menjadi rujukan wisata religi di Kabupaten Malang.

Ponpes ini juga memiliki beragam fasilitas menarik di dalamnya. Mulai dari tempat kegiatan santri pondok yang terletak di lantai satu hingga lantai empat. Kemudian lantai enam sebagai ruang keluarga. Sedangkan lantai lima, tujuh, dan delapan terdapat toko-toko kecil yang dikelola oleh santriwati. Ada beragam pernak pernik yang dijual mulai dari sajadah, kerudung, dan lain sebagainya dengan harga yang terjangkau.

Di dalamnya pun terdapat sebuah kolam renang yang juga dilengkapi dengan perahu dan hanya dikhususkan bagi wisatawan anak-anak. Selain itu juga terdapat aneka jenis binatang seperti kijang, monyet, dan beragam jenis ayam dan burung.

3. Pondok Pesantren Gontor, Ponorogo, Jatim
 


Pondok pesantren yang juga menjadi iKON tersendiri bagi Indonesia ini memang sudah sangat banyak dikenal. Karena Ponpes Gontor merupakan pelopor ponpes modern di Indonesia yang dikenal akan kedisiplinannya. Selain itu, ada juga beragam fasilitas menarik yang disediakan di dalamnya.


4. Pesantren El-Qolam, Tangerang, Banten
 

 
Ponpes Al-Qolam ini didirikan pada 20 Januari 1968. Ponpes ini memiliki beragam fasilitas pendidikan dan memiliki luas lahan yang amat besar. Bahkan, ponpes ini menjadi ponpes terbesar di Banten.

5. Pesantren Darunnajah, Paalmerah
 


Ponpes yang dulunya merupakan sebuah madrasah ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hingga akhirnya terus melakukan berbagai pembangunan dan sampai sekarang telah memiliki sederet fasilitas megah dan mewah. Baik fasilitas pendidikan maupun penunjang lainnya.

6. Pesantren Langitan, Tuban
 


Pesantren ini merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia. Karena telah diresmikan dan didirikan sebelum Indonesia merdeka. Ponpes yang berada di Tuban, Jawa Timur ini berada di atas lahan seluas kurang lebih tujuh hektare.

7. Pondok Pesantren Daarul Qur'an, Tangerang
 


Ponpes yang didirikan oleh ustadz kondang yaitu ustadz Yusuf Mansur ini memang terbilang baru. Mengedepankan pembelajaran Al-Quran, ponpes ini juga memiliki sederet fasilitas mewah dan megah dan tak kalah dengan ponpes mewah lain di Indonesia.