Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hiburan, Budaya dan Seni

Jungkook BTS Miliki Trypophobia, Mari Kenali Gejalanya

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Lazuardi Firdaus

21 - May - 2019, 10:01

Jungkook BTS (twitter)
Jungkook BTS (twitter)

MALANGTIMES - Siapa yang tak kenal dengan Jungkook BTS. Anggota termuda dari boy band asal Korea Selatan itu saat ini memang tengah digandrungi banyak fans halyu. Bukan hanya di negeri gingseng saja, pria yang dijuluki sebagai Golden Maknae ini juga begitu dikenal dan dicintai fans Indonesia dan berbagai negara lainnya.

Sederet fakta menarik tentang pria kelahiran tahun 1997 ini pun selalu menarik untuk dikulik oleh para penggemarnya. Namun sepertinya belum banyak yang tahu, jika pelantun Euphoria ini memiliki Trypophobia, yaitu jenis fobia terhadap bentuk lubang-lubang yang diciptakan oleh alam atau bentuk melingkar seperti gelembung.

Baca Juga : SBY Persembahkan 'Cahaya Dalam Kegelapan', Lagu Bagi Para Pejuang Covid-19

Dalam sebuah tayangan variety show yang dibintangi BTS, pria bernama asli Jeon Jungkook ini menyampaikan sedikit rasa trypophobia pada dirinya. Hal itu tampak pada tayangan di balik layar Run BTS episode 71 belum lama ini. Saat itu Jungkook tengah memasak panekuk dengan teman satu membernya, J-Hope.

Dalam tayangan itu ia sempat berkomentar terkait ketakutan seseorang dengan trypophobia saat memasak panekuk. Karena ada gelembung atau lubang yang tercipta saat adonan sedang dimasak.

"Aku tidak bisa membayangkan bagaimana orang dengan trypophobia memasak ini. Aku rasa aku memiliki trypophobia. Aku tidak bisa melihatnya (lubang adonan panekuk) seperti ini," katanya sebagaimana dalam siaran variety show tersebut.

Lantas, apa sebenarnya yang menyebabkan orang memiliki trypophobia?

Dilansir dari hellosehat, trypophobia ini merupakan salah satu jenis fobia terhadap bentuk lubang-lubang yang diciptakan oleh alam atau bentuk melingkar seperti gelembung. Rasa takut ini mencakup lubang atau gelembung berkerumun di kulit, daging, kayu, tumbuhan, karang, spons, jamur, biji-biji kering dan sarang lebah.

Ketika melihat benda seperti itu, seseorang dengan trypophobia biasanya merasa kulit mereka berkeringat dingin, merinding, bergidik, gatal, terasa sakit atau nyeri mata, bahkan bisa hingga mual dan muntah karena mereka menganggap apa yang mereka lihat benar-benar menjijikan.

Baca Juga : Di Rumah Aja, Deretan Aktris Indonesia 'Halu' Pasang Foto Bareng Aktor Korea Hyun Bin

Penyebab dari trypophobia ini pun dikatakan beragam. Salah satunya disampaikan Paul Hibbard dan Arnold J Wilkins dalam sebuah makalah, yang menyebut jika penyebab sesorang jijik dengan lubang atau gelembung acak adalah karena insting memerintahkan mereka sebisa mungkin menghindari berlama-lama memandangi gambar aneh tersebut. 

Sementara itu, dalam sebuah studi lain yang merupakan kolaborasi antara Tom Kupfer, seorang peneliti pascasarjana di bidang psikologi di University of Kent di Inggris, dan rekan penulisnya An Trong Dinh Le, yang merupakan doktorat psikologi di University of Essex menyebut jika kecemasan itu mungkin terkait dengan ketakutan akan terinfeksi parasit dan penyakit menular.

Nah, itu dia sedikit informasi tentang trypophobia yang sempat dibahas Jungkook belum lama ini. Semoga informasinya membantu ya gengs. Selamat membaca.


Topik

Hiburan, Budaya dan Seni malang berita-malang Jungkook-BTS Trypophobia Golden-Maknae University-of-Kent-Inggris University-of-Essex


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Lazuardi Firdaus