Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pimpin Upacara Harkitnas di SMPN 1 Malang, Mendikbud Terharu Hingga Meneteskan Air Mata

Penulis : Imarotul Izzah - Editor : Lazuardi Firdaus

20 - May - 2019, 15:52

Mendikbud Muhadjir Effendy (memakai baju adat berwarna kuning) saat berfoto bersama siswa. (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)
Mendikbud Muhadjir Effendy (memakai baju adat berwarna kuning) saat berfoto bersama siswa. (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Di Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-111 ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menjadi inspektur upacara di SMPN 1 Kota Malang, Senin (20/5). Upacara diikuti oleh perwakilan siswa, guru, dan kepala sekolah dari beberapa SMP di Kota Malang.

Baca Juga : Tiga Tenaga Kesehatan Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

Pada saat itu Muhadjir mengenakan pakaian adat. Begitu juga dengan para peserta upacara yang mengenakan pakaian adat dan tradisional dari berbagai daerah di tanah air. Dalam sambutannya ia mengaku bangga kepada para peserta upacara yang mencerminkan keanekaragaman budaya Indonesia.

"Saya sangat bangga dengan kalian semua. Inilah Indonesia. Mencerminkan suasana keanekaragaman, aneka ragam, akan tetapi di dalam hatinya sama, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucap Muhadjir.

Dalam kesempatan itu Muhadjir mengingatkan, masa depan Indonesia sangat tergantung kepada pembentukan karakter anak bangsa. Ia berpesan agar para pendidik dapat memberikan kesempatan setiap anak didik untuk dapat berkontribusi dalam berbagai kegiatan positif yang ada di sekolah.

"Anak SMP itu ibarat baja yang sedang dipanaskan. Saat itulah untuk dibentuk menjadi apapun. Bisa menjadi senjata, bisa menjadi peralatan, apapun. Dan itu tugas bapak ibu guru dan kepala sekolah untuk mengarahkan para siswa kita," ujarnya.

Dikatakan Muhadjir, pendidikan karakter itu bukan diceramahkan kepada anak. Melainkan dilakukan, dipraktikkan, dan dipanggungkan.

"Anak-anak diberi kesempatan untuk berperan," imbuhnya.

Tak lupa, Guru Besar Universitas Negeri Malang itu mengingatkan para pendidik agar dapat menanamkan semangat nasionalisme kepada para siswa. Hal ini dirasa sangat penting dalam menghadapi tantangan pembentukan generasi muda yang semakin berat dan kompleks. Khususnya terkait ideologi yang bertentangan dengan dasar negara Pancasila.

Dalam menyikapi kenakalan remaja yang menyebabkan siswa melakukan tindakan tidak terpuji, Muhadjir berharap para pendidik dapat melakukan pendekatan yang bijak.

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

"Ada 56 juta siswa kita, tidak sampai satu persennya yang melakukan tindakan tidak terpuji itu. Jangan digebyah uyah, disamaratakan semuanya seperti itu," tandasnya.

Sementara itu, saat membuka acara Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Pembekalan Metode Pembelajaran Guru Kelas I dan II) Dinas Pendidikan Kota Malang Tahun 2019 di Gedung Pertamina SMKN 2 Malang usai dari SMPN 1, Muhadjir mengaku sempat meneteskan air mata saat mengikuti upacara tersebut.

"Saya tadi barusan memimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional di SMP Negeri 1. Saya terharu sekali sampai meneteskan air mata," ungkapnya kepada para peserta pembekalan.

Muhadjir mengaku terharu lantaran melihat penampilan siswa-siswi yang sangat baik dalam menjalankan tugasnya sebagai petugas maupun peserta upacara.

"Melihat penampilan anak-anak itu, mulai dari sebagai Paskibraka, membawakan acara, memimpin lagu Indonesia Raya, kemudian memimpin doa, kemudian yang baris, yang menjadi peserta upacara, itu sangat-sangat tertib sekali," terangnya.

Penampilan siswa-siswi di SMPN 1 itu dikatakan Muhadjir sangat tertib, anggun, dan berwibawa, bahkan mengalahkan penampilan di acara-acara Kepresidenan.

"Saya pikir acara di Kepresidenan aja tidak sebagus itu," tukasnya.


Topik

Peristiwa malang berita-malang Hari-Kebangkitan-Nasional SMPN-1-Malang Menteri-Pendidikan-dan-Kebudayaan SMKN-2-Malang Dinas-Pendidikan-Kota-Malang Universitas-Negeri-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imarotul Izzah

Editor

Lazuardi Firdaus