Ustadz Zulkifli M. Ali LC MA  (@youtube).
Ustadz Zulkifli M. Ali LC MA (@youtube).

MALANGTIMES - Fenomena akhir zaman merupakan salah satu peristiwa yang diyakini umat muslim sebagaimana dalam ajaran Islam. Dalam Alquran pun sudah dijelaskan tanda-tanda hari akhir zaman itu akan datang. Salah satunya adalah kehadiran dajjal.

Ustad Zulkifli M. Ali LC MA sebagaimana dikutip dalam channel youtube menyampaikan, sebelum dajjal datang, bumi akan kejatuhan meteor terlebih dulu. Peristiwa itu menyebabkan iklim dunia mengalami perubahan cukup signifikan dan berpengaruh pada ekosistem. "Manusia akan sangat susah bertahan hidup," katanya dalam video berdurasi tak lebih dari 10 menit.

Dia pun menerangkan jika seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW tentang bagaimana cara manusia bertahan hidup dalam keadaan seperti itu. Termasuk makanan dan minuman yang harus mereka konsumsi untuk bisa bertahan hidup.

Kemudian Ustad Zulkifli menyampaikan bahwa Nabi Muhammad SAW menjawab, saat kekeringan yang luar biasa itu, seseorang bisa bertahan hidup dengan berzikir. Zikir itu akan mengenyangkan seseorang ketika diniatkan sebagai bentuk makanan dan akan menghilangkan dahaga jika diniatkan zikir itu untuk minum. "Lantas zikir orang yang macam mana?" ujarnya.

Pertama adalah zikir orang yang memperbanyak amal saleh. Sehingga dia mengajak agar sejak dini berlomba-lomba memperbanyak amal saleh. Sebab, datangnya hari kiamat tidak ada yang tahu dengan pasti kecuali Allah SWT.

Ustad Zulkifli pun menegaskan agar seluruh umat muslim terus menjalankan aktivitas yang berguna di dunia meski hari kiamat akan segera datang. Sebab, Rasulullah SAW juga pernah menyampaikan agar umatnya terus berlomba memperbanyak amal saleh dan tetap menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

"Amalkan seluruh amalan yang telah diajarkan Rasulullah dalam zikir akhir zaman, maka dia akan selamat," jelasnya.

Lebih jauh Ustad Zulkifli menyampaikan jika setidaknya ada tiga tanda sebelum kedatangan dajjal ke dunia. Pada tahun pertama, 1/3 (33 persen) air di langit akan Allah SWT tahan. Akhirnya terjadi kerawanan dan kekurangan makanan.

Kemudian tahun kedua menjelang dajjal datang,  2/3 (66 persen) air di langit akan Allah SWT tahan dan pada tahun ketiga Allah SWT tidak akan menurunkan hujan. Sehingga terjadi bencana kelaparan. Manusia meninggal karena kelaparan serta kehausan akan terjadi di mana-mana.