Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Cegah Kecurangan, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang Sambangi Saksi

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : A Yahya

25 - Apr - 2019, 19:19

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang, Ir H Ghufron Marzuqi (kemeja putih) saat melakukan kunjungan kepada para saksi PPK, Kabupaten Malang (Foto : Istimewa)
Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang, Ir H Ghufron Marzuqi (kemeja putih) saat melakukan kunjungan kepada para saksi PPK, Kabupaten Malang (Foto : Istimewa)

MALANGTIMES - Pesta demokrasi yang berlangsung tahun 2019 ini, memang diwarnai dengan berbagai insiden. Selain memakan korban jiwa, beberapa personel keamanan maupun penyelenggara dan para saksi, juga banyak yang dikabarkan “tumbang”. Mulai dari jatuh sakit, hingga kelelahan menjadi faktor penyebabnya.

Baca Juga : Ini Jawaban Ustaz Yusuf Mansur saat Ditanya Apakah Dukung Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

Tak Ingin insiden itu  menimpa para saksi, Ketua DPC (Dewan Pimpinan Cabang) Partai Demokrat Kabupaten Malang, Ir H Ghufron Marzuqi, melakukan kunjungan langsung ke lapangan. Selain memastikan kondisi kesehatan para saksi, salah satu tokoh elite politik yang juga terdaftar sebagai Caleg (Calon Legislatif) DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) RI Dapil (Daerah Pilih) V Jawa Timur wilayah Malang Raya ini, juga memberi motivasi kepada para saksi yang bertugas di masing-masing PPK.

“Hari ini (Kamis 25/4/2019) Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang, Ir H Ghufron Marzuqi melakukan kunjungan ke beberapa PPK. Di antaranya yang ada di wilayah Kecamatan Lawang, Karangploso, dan Singosari,“ kata Sekretaris DPC Demokrat Kabupaten Malang, Joshua Sebayang.

Selain itu, sambung Joshua, kunjungan yang dilakukan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang, Ir H Ghufron Marzuqi ini, juga bertujuan guna mengantisipasi adanya kecurangan. "Kalau ada kecurangan dapat berpotensi merugikan Caleg dan terutama Partai Demokrat,” sambung Joshua.

Seperti yang sudah diketahui, dari 8.409 TPS yang ada di Kabupaten Malang. Sebanyak 56 di antaranya harus melakukan penghitungan ulang. Hal ini dikarenakan ada penggelembungan suara.

Baca Juga : Dewan Dorong Pemkot Malang Salurkan Bantuan Sembako bagi Warga Terdampak Covid-19

Ke-56 TPS tersebut tersebar di 15 dari 33 Kecamatan yang ada di Kabupaten Malang. Yakni Kecamatan Kepanjen, Pagelaran, Turen, Tirtoyudo, Wajak, Ngajum, Dampit, Sumbermanjing Wetan (Sumawe), Donomulyo, Lawang, Sumberpucung, Wonosari, Pakis, Gondanglegi, dan Poncokusumo. “Partai Demokrat mengerahkan sedikitnya 4 orang saksi di tiap PPK. Agenda panjang yang tentunya melelahkan, membuat kami melakukan kunjungan ke lapangan guna memastikan kondisi kesehatan dan memotivasi agar para saksi tetap bersemangat serta cermat mengawal proses rekapitulasi penghitungan suara,” terang Joshua.

Kepada Malangtimes.com, Joshua tidak memungkiri jika agenda panjang kali ini, membuat beberapa punggawa Partai Demokrat, tanpa terkecuali para saksi sebagian harus mendapatkan penanganan medis. “Dari laporan yang kami terima, dikabarkan sebagian saksi ada yang mengalami gangguan kesehatan. Mulai dari tensi naik hingga faktor kelelahan, menjadi penyebab utamanya. Usai mendapatkan penanganan medis, mereka (saksi) sudah kembali bertugas,” ujar Joshua.


Topik

Politik berita-malang Pesta-demokrasi tahun-2019 memakan-korban-jiwa partai-Demokrat-Kabupaten-Malang Ir-H-Ghufron-Marzuqi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

A Yahya