Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Saat Jokowi Diibaratkan Spiderman, Begini Kata Warganet

Penulis : Dede Nana - Editor : Lazuardi Firdaus

29 - Oct - 2018, 11:39

Jokowi dipersonifikasikan sebagai Spiderman (Ist)
Jokowi dipersonifikasikan sebagai Spiderman (Ist)

MALANGTIMES - Pemakaian ikon superhero Marvel telah masuk dan familiar dalam berbagai sambutan negara maupun adu mulut para tim pemenangan calon presiden (capres) 2019.

Baca Juga : Ini Jawaban Ustaz Yusuf Mansur saat Ditanya Apakah Dukung Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

Presiden Jokowi yang pertama kali memperkenalkan perumpamaan tersebut dalam pidatonya di ajang World Economic Forum on ASEAN di National Convention Center, Hanoi, beberapa bulan lalu. Jokowi menyampaikan  kondisi perekonomian dunia saat ini menuju 'perang tak terbatas' atau 'infinity war'. Dimana tokoh antagonisnya dipimpin oleh Thanos. Karakter jahat dalam film Avengers : Infinity War. 

Kini, lewat acara Mata Najwa dengan episode Anak Muda Pilih Siapa, yang ditayangkan hari Minggu (28/10/2018) malam. Kembali sosok superhero marvel mencuat, saat Najwa Shihab pembaca acara, bertanya kepada dua tim pemenangan capres dari dua kubu yang sedang bertarung. 

"Cerita fiksi superhero lekat dengan anak muda. Lalu superhero manakah yang mencerminkan Jokowi dan Prabowo?" tanya Nana-sapaan presenter terkenal- Mata Najwa. 

Tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf dengan tegas menyatakan, Jokowi mencerminkan sosok superhero Marvel bernama Spiderman. "Pak Jokowi serupa Spiderman. Kurus, sering dibully juga. Tapi saat memiliki kekuatan super, dirinya membela masyarakat dan kota," begitulah yang disampaikan oleh salah satu tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf yang dikomandani oleh Adian Napitupulu. 

Penyamaan Jokowi serupa Spiderman, serta menyatakan Prabowo seperti Thanos, memancing reaksi warganet di akun Instagram @matanajwa. 

Akun js_phd menyampaikan bahwa personifikasi Jokowi serupa Spiderman oleh tim suksesnya, menjadi tidak tepat. js_phd bahkan menuliskan, Spiderman tidak menolong kota tapi merusaknya. 

Senada dengan akun noprik.aldi yang menuliskan, Spiderman gak pamer kinerja kerja sampai masuk iklan dan bioskop. Pun dengan komentar @rahmatrahman66 "Hahaha Spiderman? Sebuah perumpamaan yang memalukan. Tokoh fiktif dijadikan persamaan. Kehabisan bahan ya? " tulisnya. 

Berbagai komentar pun membanjiri @matanajwa dengan jawaban dari timses Jokowi-Ma'ruf tersebut. 

Tidak kalah menarik, timses Jokowi pun ramai berkomentar dengan jawaban timses Prabowo yang dipersonifikasikan sebagai Jenderal Soedirman. Dimasifkan warganet, personifikasi Prabowo tersebut juga dicecar dengan berbagai komentar miring. 

Baca Juga : Dewan Dorong Pemkot Malang Salurkan Bantuan Sembako bagi Warga Terdampak Covid-19

@urip_mene menulis, dirinya meyakini bahwa Jenderal Soedirman tidak suka bikin hoax seperti Prabowo. Akun alfan alamsyah juga mempertanyakan jawaban timses Prabowo-Sandi dengan kalimat, "Emang Jenderal Soedirman oti karakter/cerita fiksi superhero? Jenderal Soedirman itu fakta sejarah dan salah satu pahlawan nasional, ". 

Akun-akun lainnya pun berkomentar senada mengenai personifikasi Prabowo serupa Jenderal Soedirman. 

 


Topik

Politik Jokowi-Diibaratkan-Spiderman ikon-superhero-Marvel tim-pemenangan-capres-2019


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Lazuardi Firdaus