Perugas saat operasi cipta kondisi di depan Gereja Ijen (Humas)
Perugas saat operasi cipta kondisi di depan Gereja Ijen (Humas)

MALANGTIMES - Sabtu malam (20/10/2018) hingga Minggu (21/10/2018), Polres Malang Kota melakukan patroli skala besar di beberapa titik rawan tindak kejahatan Curanmor, Curat dan Curas (3C) maupun rawan digunakan sebagai arena balap liar.

150 personel bersenjata lengkap, berkeliling menggunakan truk dan mobil patroli ke tempat-tempat rawan tersebut. Pertama petugas langsung menyisir kawasan Klenteng yang memang pada hari ini terdapat kegiatan kirap atau pawai.

Kemudian, patroli skala besar tersebut berlanjut menyisir kawasan Jalan Ijen, dimana biasanya tempat tersebut dipenuhi para club-club motor maupun mobil yang berhenti didepan gereja.

Disana petugas kembali mengimbau  kepada para anggota club motor atau mobil untuk tidak melalukan trak-trakan atau balap liar melalui pengeras suara. Jika tidak mengindahkan peringatan petugas, tentu polisi akan segera melakukan tindakan tegas.

Kemudian petugas berlanjut melakukan patroli ke kawasan Jalan Soekarno Hatta, disana petugas juga mengimbau kepada masyarakat atau klub-klub mobil agar tidak juga melakukan balap liar. 

"Dan alhamdulilah untuk hasilnya kemarin, berjalan dengan kondusif, nihil kejadian yang membuat keresahan masyarakat," ungkap Kasubag Humas Polres Malang Kota, Ipda Ni Made Seruni Marhaeni.

Selain itu, diungkapkannya, patroli rutin juga dilakukan oleh jajaran Polsek. Yakni berkeliling ke kampung-kampung dan melakukan pemantauan atau memata-matai rumah warga yang dalam keadaan kosong untuk mencegah adanya aksi kejahatan.

Seperti yang dilakukan Polsek Sukun. Petugas melakukan patroli di salah satu Perumahan Sukun Asri, dimana perumahan tersebut merupakan wilayah perbatasan Sukun. Kemudian dilanjutkan menuju perkampungan Sukun gang 3 hingga Sukun gang 6.  

"Jika melihat ada runah yang memang terindikasi kosong, petugas langsung turun dan berhenti di depan rumah yang kelihatan kosong, untuk memastikan tidak ada kejadian di rumah yang di tinggal pemiliknya bekerja," bebernya

Kemudian di wilayah Lowokwaru, dimana rawan kejahatan Curanmor, anggota Polsek Lowokwaru saat ini rutin berpatroli dan berkordinasi dengan para juru parkir yang ada di kawasan Lowokwaru untuk ikut saling mencaga dan mencegah adanya kejahatan curanmor.

"Kami pantau tempat keramaian yang banyak sepeda motornya, kami imbau juga jukir untuk bekerjasama melakukan pemantauan menghindari hal yang tak diinginkan," pungkasnya.