3 youtuber Indonesia penyandang gelar the Queen, King, and Father of Youtube.
3 youtuber Indonesia penyandang gelar the Queen, King, and Father of Youtube.

MALANGTIMES - Indonesia memiliki tiga julukan khusus untuk tiga youtuber besar dengan jutaan subscriber. Julukan tersebut adalah The Queen of Youtube, The King of Youtube, dan The Father of Youtube.

Queen of Youtube dinobatkan kepada Ria Ricis. King of Youtube saat ini disandang Atta Halilintar. Sedangkan Father of Youtube adalah Deddy Corbuzier.

Namun, tidak semua orang setuju dengan julukan istimewa tersebut. Netizen selalu nyinyir dan mengorek keburukan mereka yang membuat mereka seakan tak pantas diberi julukan tersebut, terlebih Atta Halilintar. Tapi, tak dapat dipungkiri kalau 3 youtuber ini memiliki fanbase yang besar.

Ria Ricis, Atta Halilintar, dan Deddy Corbuzier pasti memiliki keistimewaannya sendiri-sendiri. Kalau tidak, bagaimana bisa mereka meraih jutaan subscriber? Konten yang mereka hadirkan pun berbeda satu sama lain. Lantas apakah mereka pantas menyandang gelar mereka? Mengapa mereka mendapat gelar tersebut? Apa yang mereka lakukan sehingga membuat banyak orang menyukai mereka? Di bawah ini malangTIMES akan mengulasnya satu per satu.

1. Ria Ricis “The Queen of Youtube”

Wanita berkerudung ini adalah youtuber dengan subscriber terbanyak se-Indonesia. Saat ini, subscribernya mencapai angka 6 juta. Tepatnya yaitu 6.072.372 subscriber. Sebelumnya Ricis sukses melampaui subscriber Raditya Dika yang selama kurang lebih 6 tahun menjadi youtuber Indonesia dengan subscriber terbanyak.

Ricis terkenal dengan kontennya tentang squishy. Squishy adalah mainan yang mempunyai kemampuan untuk kembali ke bentuk semula karena berbahan dasar spons, berbentuk karakter-karakter lucu. Menurut Ricis, memencet squishy membuat orang merasa lebih bahagia serta menghilangkan stres. Dan memang, setiap kali Ricis mengunggah konten tentang squishy penontonnya selalu membludak.

Nah, mengenai konten Ricis, kebanyakan orang membandingkannya dengan Raditya Dika. Konten yang menghibur dan memerlukan banyak effort milik Radit bisa dikalahkan oleh Ricis yang hanya memencet squishy. Dikatakan bahwa konten Ricis kalah berkualitas dibanding Raditya Dika yang terkenal dengan series Malam Minggu Miko dan Paranormal Experiencenya. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa Ricis memiliki keistimewaan sendiri karena kepribadiannya yang menyenangkan dan ramah anak yang membuat penontonnya betah.

Akhir tahun 2017, Ricis sempat kritikan tajam dari aktivis lingkungan. Hal ini terkait kontennya yang membahayakan lingkungan, yakni membuang squishy ke laut dan memasukkan squishy ke dalam toilet. Aksinya dianggap tidak mendidik dan merusak lingkungan dan ekosistem laut. Terlebih kebanyakan followers dari Ria Ricis adalah anak-anak di bawah umur.

Tentunya, gelar sebagai The Queen of Youtube diberikan tak lain adalah karena jumlah subscriber Ria Ricis. Ricis pun tidak pernah mengaku-ngakuinya. Julukan Queen of Youtube diberikan netizen karena Ricis memiliki jumlah subscriber terbanyak. Selain itu, netizen menyukai Ricis karena kepribadiannya yang menyenangkan, ceria, dan kontennya yang ramah anak.

2. Atta Halilintar “The King of Youtube”

Muhammad Attamimi Halilintar atau lebih dikenal sebagai Atta Halilintar merupakan anak sulung dari kesebelasan Gen Halilintar. Siapa yang asing dengan kata Gen Halilintar? Keluarga Gen Halilintar hits semenjak Lenggogeni (ibu Atta) menulis buku berjudul Kesebelasan Gen Halilintar: My Family My Team. Kisah keluarga Halilintar dalam buku itu banyak disukai orang karena mereka kompak dan inspiratif.

Nah, Atta sendiri memiliki 5,8 juta subscriber dengan angka pasti 5.936.641. Kanal youtubenya berisi beragam video, mulai dari prank, rap, challenge, hingga vlog. Selain youtuber, Atta juga merupakan seorang pengusaha muda. Bisnisnya pun beragam mulai dari bisnis fashion, kuliner, travel, dan AHHA Management.

Pergerakan Atta di youtube bisa dibilang cukup pesat. Setiap harinya ia meraih sekitar 20 ribu subscriber. Dalam waktu 1,5 tahun saja, ia berhasil meraih 4,5 juta subscriber. Ia kini menjadi youtuber kedua dengan subscriber terbanyak di Indonesia dengan 5,8 subscriber.

Konten Atta Halilintar sering menuai kontroversi. Atta pernah menerima kritikan karena melakukan meet and greet di masjid. Terakhir, prank Gold Digger Prank Indonesia yang diunggahnya dikritik habis-habisan. Majelis Lucu Indonesia melalui videonya menyebutkan bahwa video tersebut settingan dan tidak mendidik. Selanjutnya, perseteruan keduanya menjadi panjang.

Nah, gelar King of Youtube diakui sendiri oleh Atta. Melalui videonya yang berjudul BELI JAM SEHARGA MOBIL ft Raditya Dika, ia mengaku saat ini sudah menjadi King of Youtube yang dulunya disandang oleh Radit. Memang, saat ini subscribernya sudah melampaui subscriber Radit yang kini berjumlah 4,8 juta. Pengakuannya sebagai King of Youtube itu pun menuai komentar nyinyir netizen. Menurut netizen, gelar tersebut harusnya bukan diakui tapi diberikan.

3. Deddy Corbuzier “The Father of Youtube”

Deddy Corbuzier dulu dikenal sebagai pesulap populer di tanah air. Meski dikenal sebagai pesulap, ia lebih suka disebut mentalis. Pada pertengahan 2013, program kesehatannya yang bernama OCD (Obsessive Corbuzier Diet) sukses dilakukan oleh banyak orang. Sementara itu, untuk saat ini dirinya lebih dikenal sebagai host dalam acara televisi Hitam Putih. Jadi, youtube seakan hanya sebagai sampingan.

Apapun yang Deddy lakukan sepertinya menjadi sorotan. Maret lalu, Deddy sempat membuat heboh netizen melalui videonya yang mengomentari acara dan artis alay di televisi. Menurutnya, keberadaan artis dan acara alay yang menghiasi dunia hiburan tanah air dapat merusak generasi penerus bangsa.

Deddy memang dikenal spontan, jujur, dan pintar dalam mengomentari banyak hal. Dalam kanal youtubenya, pria 41 tahun ini selalu vokal terhadap isu-isu yang sedang hangat. Ia juga sering membuat konten yang menginspirasi dan memotivasi. Tak heran video-video Deddy kerap trending di Youtube. Kini, subscribernya mencapai angka 2,1 juta, tepatnya 2.150.528.

Barangkali hal itulah yang menjadikan Deddy Corbuzier menyandang gelar Father of Youtube. Karena kontennya yang sangat mengayomi, mengedukasi, dan memotivasi banyak orang. Bahkan, Deddy juga dikenal sebagai seorang ayah yang disegani. Sebagai single parent, pola asuhnya menuai pujian. Ia sering membagikan momen kebersamaannya bersama anaknya di media sosial. Baru-baru ini, anaknya (Azka Corbuzier) juga mengunggah video khusus untuk ayahnya.