Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Launching Aplikasi SI-TRUST milik PUPR, Pj Bupati Tulungagung: Ini Luar Biasa

Penulis : Anang Basso - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

11 - Jun - 2024, 14:50

Saat launching aplikasi SI-TRUST milik PUPR Kabupaten Tulungagung (Foto: Anang Basso/ TulungagungTIMES)
Saat launching aplikasi SI-TRUST milik PUPR Kabupaten Tulungagung (Foto: Anang Basso/ TulungagungTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kabupaten Tulungagung, menggelar launching aplikasi Sistem Informasi Tata Ruang Untuk Spasial Tulungagung (SI-TRUST). Launching dilaksanakan di salah satu hotel dan dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Tulungagung, Kepala Dinas PUPR, Kepala BPN, dan seratusan undangan termasuk dari Provinsi Jawa Timur, Selasa (11/06/24.

 

Baca Juga : AKN Putra Sang Fajar Blitar Bersiap Rayakan Hari Musik Sedunia: FormaDiFie Kembali Gelar Sound Of DiFie #2

SI-TRUST adalah sebuah aplikasi yang berisi peta dan informasi status sebuah tanah di Tulungagung. Ketika masyarakat menentukan lokasi, di situ akan muncul status tanah. Warna kuning atau yang biasa disebut juga dengan jalur kuning, zona ini merupakan wilayah untuk tempat tinggal atau pemukiman penduduk. Tanah hijau memiliki arti bahwa status tanah tersebut menandakan kawasan hutan, pertanian, perkebunan hingga taman kota.

"Awalnya, jika ada seseorang hendak melakukan investasi di Tulungagung, maka langkah awal adalah konsultasi dengan PUPR untuk mengetahui status tanah itu. Dengan aplilkasi SI-TRUST, maka cukup melihat dengan android untuk mengeceknya," ujar Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno dalam sambutannya.

Menurut Heru, pemanfaatan ruang pada tahun 2024 dan seterusnya, terlebih dengan perda baru dan perkembangan penduduk yang tidak bisa dihindari, maka tuntutan kepada pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cepat dan transparan juga semakin tinggi. Maka aplilkasi SI-TRUST juga menjadi jawaban pemerintah untuk menyelenggarakan pelayanan yang cepat.

Pemanfaatan tata ruang menurut Heru Suseno dulunya adalah produk yang mahal dan eksklusif, karena saat itu tidak semua orang bisa mengaksesnya. Produk tata ruang adalah produk yang dengan teliti dan tidak boleh salah, karena mempunyai pengaruh besar terhadap masyarakat luas.

"Sepanjang pengetahuan saya, aplikasi semacam ini baru di Tulungagung yang telah menggunakannya. Di daerah lain belum ada, jadi ini sangat luar biasa," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Dwi Hari Subagyo dalam kesempatan itu menjelaskan, mengacu pada isu strategis dan masalah tata ruang yang semakin komplek dan penanganannya yang belum optimal, maka Dinas PUPR Tulungagung memandang perlu untuk melahirkan aplikasi ini.

Menurutnya, optimalisasi penataan ruang perlu menjadi sasaran utama untuk miminimalisir terjadinya masalah. Baik lahan hijau maupun lahan kuning jika masyarakat dengan cepat bisa mengetahuinya maka itu juga menjadi rambu rambu untuk melakukan pembangunan sebuah kawasan.

"Semoga dapat bermanfaat bagi pengusaha dan masyarakat dalam mengakses informasi dengan cepat dan akurat," tuturnya. 

Baca Juga : Optimis Kantongi Rekom Demokrat, Fairouz Huda: Tinggal Tunggu Waktu Saja

Dwi Hari juga mengatakan, dalam hal penataan ruang, tanpa dukungan semua pihak tidak bisa berjalan lancar. SI-TRUST juga berarti kepercayaan. Karena, tanpa kepercayaan dari masyarakat, maka hal itu juga tidak bisa optimal.

Kadin PUPR Kabupaten Tulungagung ini juga menjelaskan tentang cara mengakses aplikasi SI-TRUST di playstore. Setelah masuk di aplikasi, maka pengguna dapat menekan di bagian kode pensil di pojok kanan bawah. 

"Kemudian tekan tab segi empat di pojok kiri bawah. Selanjutnya tekan lokasi tanah untuk menentukan lokasi tanah dengan 3 atau 4 titik agar tercipta blok lokasi tanah," ungkapnya. 

Setelah muncul titik dan blok kemudian tekan blok itu, di situ akan muncul tulisan "lihat penggunaan lahan". Ketika diklik akan muncul berbagai keterangan mengenai status tanah tersebut.

"Sangat mudah, siapapun bisa mengaksesnya. Terlebih saat ini hampir setiap orang sudah menggunakan android," tutupnya.


Topik

Pemerintahan Dinas PUPR Tulungagung Pemkab Tulungagung SI TRUST


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Sri Kurnia Mahiruni