Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Kemiren Banyuwangi Terpilih Jadi Desa Terbaik ADWI 2024

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Dede Nana

30 - May - 2024, 17:11

Barong Kemiren salahsatu seni budaya yang tumbuh dan berkembang di desa Kemiren kecamatan Glagah Banyuwangi (Istimewa)
Barong Kemiren salahsatu seni budaya yang tumbuh dan berkembang di desa Kemiren kecamatan Glagah Banyuwangi (Istimewa)

JATIMTIMES -  Desa Wisata Adat Osing Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi kembali mampu memberikan rasa bangga bagi masyarakat setelah desa yang berada di wilayah pendukung Taman Wisata Gunung Ijen tersebut dinobatkan menjadi desa terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI berhasil menjaring 6.016 desa se-Indonesia yang kemudian memasuki tahap seleksi menjadi 500, 300 dan 100 besar desa wisata hingga terpilih 50 desa terbaik.

Baca Juga : Pilkada Blitar: PDI Perjuangan Berpotensi Usung Calon di Luar Penjaringan

Pencapaian gelar desa terbaik ADWI tahun 2024 merupakan hasil kolaborasi, gotong royong dan kerja keras serta dedikasi masyarakat desa Kemiren dalam mengembangkan potensi wisata desanya.

Desa yang tetap setia menjaga memelihara dan melestarikan warisan para leluhur  menawarkan berbagai daya tarik wisata bagi wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara, seperti antara lain  Rumah adat Osing, Seni Tari Tradisional, Ritual Adat Istiadat dan Tradisi serta kuliner tradisional khas Banyuwangi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi prestasi Desa Kemiren. "Ini merupakan prestasi yang luar biasa. Desa Kemiren telah berhasil bersaing dengan 6.016 desa wisata lainnya di seluruh Indonesia," ujar Sandiaga dalam rilis yang dikirim Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, Kamis (30/5/2024).

Menteri yang akrab disapa Bang Sandi itu  berharap pencapaian tersebut  dapat menjadi motivasi dan pemacu semangat bagi desa-desa lain di Indonesia untuk terus mengembangkan potensi wisata desanya.

"Mari kita jadikan desa wisata sebagai pilar utama dalam membangun pariwisata Indonesia yang berkualitas dan berkelanjutan," ungkapnya.

Baca Juga : Viral Poster Budi Djiwandono-Kaesang For Jakarta 2024, Netizen Sentil Jokowi

ADWI 2024 diikuti oleh 6.016 desa wisata dari seluruh provinsi di Indonesia. Desa-desa peserta harus melalui berbagai tahapan seleksi, mulai dari pendaftaran, bimbingan teknis, pemeriksaan kelengkapan data, hingga kurasi oleh dewan juri. Penilaian ADWI 2024 didasarkan pada 5 kategori klasifikasi desa wisata, yaitu daya tarik wisata, amenitas, digital, kelembagaaan dan SDM, resiliensi. Desa Kemiren berhasil lolos seleksi karena memiliki daya tarik wisata yang unik dan otentik, amenitas yang memadai, serta pengelolaan desa wisata yang baik.

Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi Taufik Rohman mengungkapkan pihaknya memberikan apresiasi kepada Desa Wisata Adat Osing Kemiren yang telah masuk 50 besar ADWI 2024.

"Selamat kepada Desa Kemiren. Mudah-mudahan dengan ini desa-desa wisata lainnya juga dapat menunjukkan potensi desa yang belum banyak diketahui publik." ungkap Taufik.


Topik

Pemerintahan desa kemiren anugerah desa wisata indonesia adwi 2024 desa terbaik


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Dede Nana