Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Puncak HPN 2024, Bupati Jember Ajak Insan Pers Kawal Pilkada

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : Nurlayla Ratri

23 - May - 2024, 07:33

Bupati Jember H. Hendy Siswanto bersama ketua PWI Jatim saat acara Puncak HPN.
Bupati Jember H. Hendy Siswanto bersama ketua PWI Jatim saat acara Puncak HPN.

JATIMTIMES - Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang digelar di Kabupaten Jember dihadiri ratusan insan pers dari berbagai daerah se-Jawa Timur. Agenda utama HPN kali ini ialah Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) yang diikuti 100 anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) se-Jawa Timur.

Rangkaian kegiatan HPN di Jember ditutup dengan pemberian penghargaan dari PWI Jatim ke sejumlah tokoh serta lembaga, dalam acara malam puncak HPN 2024 pada Minggu malam (28/4/2024).

Baca Juga : Prakiraan Cuaca 23 Mei: Sebagian Besar Wilayah Jatim Berpotensi Hujan Ringan-Sedang Malam Hari

Bupati Jember Hendy Siswanto sangat mengapresiasi dipilihnya Kabupaten Jember sebagai tuan rumah HPN 2024. Ia juga berterima kasih atas kehadiran para insan pers ke Kabupaten Jember.

Bagi Bupati Hendy, peran pers sangat vital sebagai pilar demokrasi keempat di Indonesia. Ia berterima kasih atas berbagai kritik serta saran kepada pemerintah yang disampaikan insan pers melalui berbagai karyanya.

Ia kemudian mengajak seluruh insan pers untuk mengawal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 secara independen dan profesional.

“Utamanya saya sangat berharap agar masyarakat mau menggunakan hak suaranya pada Pilkada 2024 melalui berbagai karya panjenengan semua,” pintanya.

Sementara itu, Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim menyoroti keberadaan insan pers secara umum, dirinya berharap insan pers bisa menjaga kode etik dan profesional dalam melakukan tugasnya.

“Ada kaidah-kaidah dan aturan terkait dengan sarat untuk menjadi seorang jurnalis. Ada peraturan dewan pers, ada aturan organisasi lainnya yang harus dipenuhi wartawan dan perusahaan pers, agar karyanya bisa mencerahkan kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Malam Puncak HPN 2024 dihadiri oleh Bupati Jember Hendy Siswanto, juga Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, para pejabat Pemkab Jember dan Pemprov Jatim.

Baca Juga : Usai Kecelakaan Rombongan Study Tour SMP PGRI 1 Wonosari, Kadispendik Keluarkan Edaran Tertulis

Masih soal kontestasi Pilkada, Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono menyebut, kontribusi pers di Provinsi Jawa Timur sangat luar biasa, terbukti dengan kontestasi Pemilu yang dilaksanakan pada bulan Februari 2024 lalu berjalan aman dan lancar.

“Pilpres 2024 berjalan lancar, kesuksesan tersebut salah satunya berkat kontribusi karya para insan pers,” ujar Adhy Karyono.

Namun demikian, Adhy Karyono mengingatkan kembali bahwa masih akan ada tantangan baru ke depan yang riak-riaknya sudah muncul yakni Pemilukada serentak yang akan digelar pada Rabu, 27 November 2024.

Ia meminta pers kembali berperan sebagai watchdog proses demokrasi di daerah dengan meningkatkan ketajaman dan liputannya dalam gelaran Pilkada serentak di Jatim. (*)


Topik

Pemerintahan Jember Hendy Siswanto HPN


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

Nurlayla Ratri