Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Dorong Lulusan Punya Daya Saing Tinggi di Kancah Global, FMIPA UM Terapkan Kurikulum Interdisipliner 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

20 - May - 2024, 20:12

Dekan FMIPA UM, Prof Dr Hadi Suwono MSi (Anggara Sudiongko/MalangTimes)
Dekan FMIPA UM, Prof Dr Hadi Suwono MSi (Anggara Sudiongko/MalangTimes)

JATIMTIMES - Penguasaan bahasa asing dan kemampuan berkomunikasi, menjadi satu bekal penting yang harus dikuasai mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu. Hal itu ditegaskan oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM), Prof Dr Hadi Suwono MSi.

Dijelaskan Dekan ramah ini, bahwa era globalisasi saat ini, bahasa asing dan kemampuan berkomunikasi menjadi aspek penting dalam penunjang nilai pribadi seseorang, khususnya mahasiswa. 

Baca Juga : Perkuat Kolaborasi Internasional, APAC DNS Forum 2024 Bakal Digelar di Bali

 

Selain itu, dengan kemampuan berkomunikasi dan penguasaan bahasa asing yang baik, tentu akan membuat para mahasiswa dapat mengkomunikasikan gagasan atau informasi secara jelas dan informatif kepada orang lain melalui bahasa lisan.

"Apakah itu bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Jerman dan lainnya, tentunya akan sangat bermanfaat," jelasnya.

Dengan penguasaan bahasa asing dan kemampuan komunikasi yang baik, maka para mahasiswa juga akan memiliki nilai lebih sebagai salah satu modal untuk bersaing di kancah global.

"Harapan kami lulusan FMIPA tidak hanya memiliki pengetahuan yang baik dalam bidang MIPA, namun juga memiliki skill dalam berbahasa asing," papar Prof Hadi.

Baca Juga : SMK TSM Honda Binaan MPM Honda Jatim Raih Juara LKS SMK Se Jatim

Dalam memfasilitasi penguasaan bahasa asing maupun melatih kemampuan berkomunikasi, FMIPA UM menerapkan kurikulum interdisipliner. Kurikulum ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memiliki bekal atau keilmuan dari disiplin ilmu yang lain, khususnya dalam hal berkomunikasi maupun penguasaan bahasa asing.

"Oleh sebab itu, mulai tahun 2024, kurikulum mahasiswa S1 diberikan kesempatan untuk mengambil mata kuliah bahasa di Fakultas Sastra. Mereka boleh memilih apakah bahasa Mandarin, bahasa Arab, bahasa Inggris maupun bahasa Jerman," pungkasnya.


Topik

Pendidikan FMIPA UM Universitas Negeri Malang Prof Dr Hadi Suwono MSi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri