Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Profil Stadion Allianz Arena, Kandang Bayern Munchen yang Miliki Ornamen LGBT 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Yunan Helmy

17 - May - 2024, 19:28

Stadion Allianz Arena, markas Bayern Munchen, mengubah ornamen kandangnya dengan warna pelangi. (Foto: X)
Stadion Allianz Arena, markas Bayern Munchen, mengubah ornamen kandangnya dengan warna pelangi. (Foto: X)

JATIMTIMES - Sebagai bentuk dukungan terhadap kaum LGBT (lesbian, gay, biseksual, transgender), Stadion Allianz Arena, markas Bayern Munchen, mengubah ornamen kandangnya dengan warna pelangi. 

Diketahui, Bayern Munchen merupakan klub sepak bola profesional Jerman yang berbasis di Kota Munchen, Bavaria, Jerman. 

Baca Juga : Wisuda Semester Ganjil 2023/2024, Rektor Unikama: Keterserapan Kerja Para Lulusan Tinggi 

"Hari ini, Bayern Munchen mengubah ornamen kandang mereka dengan warna pelangi sebagai bentuk dukungan untuk kaum LGBT," tulis @/idextratime, pada Jumat (16/5). 

Diubahnya ornamen Stadion Allianz Arena diduga terjadi lantaran bakal dipakai dalam opening ceremony UEFA Euro 2024, pada 15 Juni 2024 dini hari WIB. Opening ceremony juga sekaligus berbarengan dengan laga antara Timnas Jerman vs Timnas Skotlandia.

Selama gelaran UEFA Euro 2024, Allianz Arena menjadi Munich. Pasalnya, Allianz bukanlah sponsor resmi FIFA dan UEFA. Meski begitu, stadion tersebut akan menggelar enam laga sepanjang turnamen, termasuk pembukaan dan semifinal. 

Profil Allianz Arena

Stadion Allianz Arena merupakan markas dari Bayern Munchen yang terletak di Kota Munich, Jerman. Pembangunannya tak terlepas dari keinginan FC Hollywood memakai markas baru.

Sebelumnya, Bayern berkandang di Stadion Olympia, Munich, hingga 2005. Tak hanya untuk klub, stadion tersebut juga dibangun untuk keperluan Piala Dunia 2006 yang digelar di Jerman. 

Konstruksi Allianz Arena berlangsung sejak 21 Oktober 2002 hingga dibuka resmi pada 30 Mei 2005. Sejumlah fitur canggih juga dimiliki stadion berkapasitas 70 ribu tempat duduk itu.

Baca Juga : Reza Artamevia Mendadak Trending X Usai Netizen Cuit Hal ini

Bagian atap stadion bisa dibuka tutup untuk keperluan perawatan rumput lapangan. Selain itu, dinding luarnya, yang berwarna putih, bisa berubah-ubah tergantung sorot cahaya sesuai keperluan!

Seperti halnya stadion lain di Jerman, kapasitas arena megah ini bisa berubah-ubah. Jika di partai domestik, stadion mampu menampung hingga 75.024 penonton. Namun, di partai internasional, kapasitas turun menjadi 70.000 tempat duduk.

Melansir laman Allianz, pada tanggal 9 Juli 2016, untuk pertama kalinya, Allianz Arena di Munich diterangi warna pelangi yang menunjukkan penghormatan pada Christopher Street Day (LGBT Pride). Ide pemberian warna pelangi di stadion itu didukung oleh pemerintah kota Munich, politisi lokal dan pemilik stadion, yang diprakarsai oleh AllDive, jaringan karyawan Allianz yang mendukung komunitas LGBT. 

Pada momen itu, Allianz Arena diterangi lampu warna pelangi mulai pukul 21:30 sampai 11:30 malam waktu setenpat. Sejumlah 300.000 lampu LED memberikan kombinasi warna pelangi di markas Buyern tersebut. 

Stadion itu juga kerap dipakai untuk ajang-ajang berlevel atas. Selain kandang Bayern, Allianz Arena juga pernah digunakan untuk Piala Dunia 2006, Final Liga Champions 2011-2012, dan UEFA Euro 2020.


Topik

Olahraga Allianz Arena markas Bayern Munchen LGBT stadion warna pelangi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Yunan Helmy