Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

4 Bulan, 790 Knalpot Brong Dijaring Polisi di Kota Malang

Penulis : Irsya Richa - Editor : Yunan Helmy

15 - May - 2024, 19:58

Puluhan kendaraan menggunakan knalpot brong yang terjaring patroli polisi. (Foto: Humas Polresta Malang Kota for JatimTIMES)
Puluhan kendaraan menggunakan knalpot brong yang terjaring patroli polisi. (Foto: Humas Polresta Malang Kota for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kurun waktu 4 bulan terakhir, Polresta Malang Kota telah mengamankan 790 unit knalpot brong di wilayah Kota Malang. Razia knalpot brong itu dilakukan demi zero knalpot brong.

Satuan Lalu Lintas Polresta Malang Kota merinci, dari 790 unit knalpot brong, yang terbanyak pada Januari:  640 unit. Namun bulan Februari mengalami penurunan yang drastis. Hanya 5 unit yang berhasil diamankan.

Baca Juga : Berawal dari Operasi di Flyover Peterongan, 3 Pengedar Narkoba Berhasil Diringkus

Selanjutnya pada  Maret, polisi mengamankan 68 motor knalpot brong. Disusul  April meningkat lagi menjadi 77 knalpot brong yang disita di Mapolresta Malang Kota.

Pengendara sepeda motor yang kedapatan menggunakan knalpot brong dihentikan terlebih dahulu oleh petugas di lokasi. Selanjutnya diminta untuk melepas knalpot yang digunakan dan mengganti knalpot standar pabrikan.

Tapi jika didapati knalpot brong digunakan saat tertangkap melakukan balap liar, maka motornya juga ikut dikandangkan di polresta.

“Knalpot brong yang dilepas kami amankan di Polresta Malang Kota. Lalu dimusnahkan,” kata Kasatlantas Polresta Malang Kota Kompol Aristianto Budi Sutrisno, Rabu (15/5/2024).

Menurut Aristianto, satu-satunya penanganan knalpot brong adalah dengan dimusnahkan. Dihancurkan terlebih dahulu, lalu dibakar secara berkala.

Baca Juga : Diduga Alami Depresi, Seorang Bapak Aniaya Anak di Malang

Karena itu  hingga saat ini petugas rutin berpatroli di wilayah Malang. Selain itu, ETLE statis dan ETLE mobile juga dimaksimalkan. “Tujuannya agar di semua jalan bisa terkontrol pelanggarannya,” imbuh Aristianto.

Tindakan ini dilakukan demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Sebab, warga kerap diresahkan dengan suara bising kendaraan bermotor.

“Suara motor yang bising karena knalpot brong masih meresahkan masyarakat. Sehingga upaya preventif terus kami gencarkan,” tutup Aristianto.


Topik

Hukum dan Kriminalitas Polresta Malang Kota knalpot brong Kota Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Yunan Helmy