Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

LKPj Gubernur Jatim 2023 Disetujui, Adhy Karyono Siap Tindak Lanjuti Rekomendasi DPRD

Penulis : Muhammad Choirul Anwar - Editor : Yunan Helmy

15 - May - 2024, 19:24

DPRD Jatim menyetujui LKPj gubernur Jatim akhir tahun 2023.
DPRD Jatim menyetujui LKPj gubernur Jatim akhir tahun 2023.

JATIMTIMES - DPRD Provinsi Jawa Timur (Jatim) akhirnya mengetok palu persetujuan terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Jatim Akhir Tahun Anggaran (TA) 2023. Seluruh fraksi menerima dan menyetujui LKPj dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Jatim, Rabu (15/5/2024).

Persetujuan tersebut ditandai dengan penandatanganan dokumen persetujuan bersama LKPj Gubernur Jatim 2023 yang diteken Penjabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono dan pimpinan rapat dalam hal ini Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad.

Baca Juga : Diiringi Gending Jawa dan Kesenian Tiban, Guntur Wahono Kembalikan Formulir Pendaftaran Bacabup Blitar ke PDIP

Selanjutnya dilakukan penyerahan rekomendasi DPRD oleh pimpinan DPRD Jatim kepada Pj Gubernur Adhy. Dalam sambutannya, Adhy mengatakan, diterimanya seluruh rekomendasi oleh DPRD dikarenakan banyak target target kinerja bisa tercapai dengan optimal di tahun 2023.

"Allhamdulillah seluruh fraksi menyatakan setuju dan menerima Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Keuangan Pemprov Jatim TA 2023. Target-target kinerja telah banyak tercapai," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengaku siap menindaklanjuti rekomendasi DPRDJatim terhadap LKPj Gubernur Jatim Akhir Tahun Anggaran 2023. Seluruh catatan yang disampaikan oleh legislator akan jadi perhatian Pemprov Jatim. 

"Seluruh catatan dan rekomendasi ini akan kami tindak lanjuti dan kami jadikan acuan dalam perbaikan penyelenggaraan pemerintahan di tahun mendatang," bebernya. 

Adhy menyampaikan, sebagaimana ketentuan Pasal 20 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah paling lambat 30 hari setelah LKPj diterima, DPRD harus melakukan pembahasan LKPj.

Pihaknya memastikan setelah adanya tindak lanjut rekomendasi DPRD Jatim akan digunakan sebagai bahan dalam penyusunan perencanaan pada tahun berjalan dan tahun berikutnya sekaligus penyusunan anggaran pada tahun berjalan pada tahun berikutnya.

Baca Juga : Sosok Cak Thoriq, Petahana Bupati Lumajang yang Resmi Dapat Rekom PKB di Pilkada 2024

"Alhamdulillah, kurang lebih 27 hari kerja sejak Nota Penjelasan LKPj kami sampaikan pada tanggal 25 Maret 2024, DPRD Jatim telah menyelesaikan pembahasan dan menyampaikan rekomendasi terhadap LKPj Gubernur Tahun Anggaran 2023," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad mengatakan, DPRD Jatim memberi beberapa kesimpulan atas pendapat akhir dari fraksi-fraksi.

Semua saran dan catatan, harapan serta rekomendasi pansus, lanjut Anwar Sadad, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rekomendasi DPRD yang diberikan kepada Pj Gubernur untuk ditindaklanjuti sebagai perbaikan penyelenggaraan pemerintahan ke depan. 

"Semua fraksi yang ada di DPRD sepakat memberikan rekomendasi kepada Pj gubernur terhadap LKPj akhir tahun anggaran 2023 sebagai rekomendasi DPRD," ujarnya. 


Topik

Pemerintahan LKPj gubernur Jatim Jatim DPRD Jatim


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Choirul Anwar

Editor

Yunan Helmy