Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Bupati Mak Rini Tekankan Pentingnya Keamanan Berinternet bagi Siswa SMK

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

15 - May - 2024, 19:13

Bupati Rini Syarifah bersama siswa SMKN 1 Nglegok.
Bupati Rini Syarifah bersama siswa SMKN 1 Nglegok.

JATIMTIMES - Dalam sebuah acara Kominfo Goes to School yang digelar di SMKN 1 Nglegok pada hari Selasa 14 Mei 2024, Bupati Blitar Rini Syarifah menekankan pentingnya keamanan berinternet bagi siswa-siswa SMK. Dalam pidatonya, beliau menggarisbawahi bahwa di era digital saat ini, ketika teknologi dan internet memegang peranan besar dalam kehidupan sehari-hari, pemahaman tentang keamanan berinternet merupakan hal  krusial.

"Dalam dunia yang semakin terkoneksi secara digital seperti sekarang, penting bagi para siswa untuk memahami risiko-risiko yang mungkin terjadi dalam penggunaan internet," ungkap Bupati Rini.

Baca Juga : Kemenkes Bakal Terapkan Sistem Kelas Rawat Inap Standar, Kepala BPJS Kesehatan Malang Minta Warga Tak Resah

Dalam pandangan Bupati Rini, para siswa SMK perlu dilengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk menghindari risiko yang dapat timbul dari penggunaan media digital yang tidak bijak. Dia menegaskan bahwa pendidikan literasi digital tidak hanya penting untuk menjaga keamanan pribadi siswa, tetapi juga untuk membentuk generasi yang mampu menggunakan teknologi secara positif dan produktif.

"Siswa harus dipersiapkan dengan pemahaman yang cukup tentang bagaimana menggunakan internet secara aman dan bertanggung jawab," tambahnya.

Bupati Rini juga menyampaikan bahwa risiko seperti informasi hoaks, ujaran kebencian, dan ancaman cyber bullying dapat mengintai di dunia digital. Oleh karena itu, sangat penting bagi para siswa untuk memahami cara menggunakan internet secara aman dan bertanggung jawab.

"Keamanan berinternet bukanlah sesuatu yang bisa diabaikan. Kami ingin siswa-siswa kami mampu menavigasi dunia digital dengan bijak dan hati-hati," katanya.

Acara tersebut juga diisi dengan berbagai kegiatan sosialisasi dan pelatihan mengenai literasi digital yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kabupaten Blitar. Para siswa diajak untuk aktif bertanya dan berdiskusi tentang berbagai isu dan tantangan yang berkaitan dengan keamanan berinternet.

Baca Juga : Lawan Tim Kuat di Kandang, Tim Voli Gresik Petrokimia Optimistis Curi Kemenangan

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, siswa-siswa kami dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya keamanan berinternet dan bagaimana menghadapi berbagai risiko yang mungkin terjadi," tutur Herman Widodo, kepala Dinas Kominfo, Statistik, dan Persandian Kabupaten Blitar.

Melalui acara ini, Bupati Rini berharap para siswa SMK Nglegok dan seluruh peserta dapat lebih sadar akan pentingnya keamanan berinternet dan menjadi pengguna internet yang cerdas serta bertanggung jawab. Dengan demikian, mereka dapat memanfaatkan potensi positif dari teknologi digital untuk meningkatkan diri dan berkontribusi pada pembangunan masyarakat yang lebih baik.


Topik

Pendidikan Aman berinternet Bupati Blitar Rini Syarifah Goes to School Kabupaten Blitar


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy