Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Raih 39 Emas, Kota Surabaya Juara Umum Kejurda Finswiming 2024

Penulis : Muhammad Choirul Anwar - Editor : A Yahya

13 - May - 2024, 09:26

Para peselam beraksi di Finswimming 2024.
Para peselam beraksi di Finswimming 2024.

JATIMTIMES - Kontingen Kota Surabaya kokoh sebagai juara umum Kejuaraan Daerah (Kejurda) Finswimming 2024. Dalam ajang yang berlangsung 11-12 Mei 2024 di Kolam renang Dispora Jawa Timur (Jatim), Jalan Kertajaya Surabaya itu, para peselam asal Kota Pahlawan mendulang medali terbanyak.

Kota Surabaya begitu digdaya dengan torehan 39 medali emas, 33 perak dan 31 perunggu. Capaian itu terpaut cukup jauh dari raihan medali kontingen Kabupaten Malang berada di urutan kedua.

Baca Juga : Enam Tokoh Kembalikan Berkas Pendaftaran Bakal Calon PKB Kota Blitar

Para peselam asal Kabupaten Malang mengumpulkan 24 medali emas, 20 perak dan 13 perungu. Selanjutnya di peringkat ketiga ditempati Kota Kediri yang mendulang 15 emas, 11 perak dan 23 perunggu.

Ketua Pengprov Persatuan Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jatim Mirza Muttaqien memberi apresiasi tinggi terhadap tingkat partisipasi di Kejurda Finswimming kali ini yang pesertanya menembus di atas 700 atlet dari 30 kabupaten/kota di Jatim.

"Ini merupakan lompatan luar biasa dibanding kejuaraan sebelumnya. Kejurda tiga tahun tahun sebelum pandemi, jumlahnya di bawah 500, kemudian meningkat di atas 500 dan sekarang sampai 700 lebih," ungkap Mirza dikonfirmasi Senin (13/5/2024).

Pengkab/Pengkot POSSI di Jatim, kata Mirza, hanya berjunlah 26.  Memang ada beberapa kabupaten yang mengajukan persiapan (jadi anggota POSI Jatim) dan diharapkan terus bisa kembang ke darerah lainnya.

Mirza juga mencatat lompatan prestasi Surabaya. Setelah beberapa tahun perkembangan kurang menonjol, pada Kejurda 2024 ini perolehan medali terbanyak dan luar biasa bagus. 

"Tidak hanya Pasuruan saja sekarang yg bagus pembinaanya. Daerah lain ada yang turun, tapi pemerataan ada 15 kabupaten yang raih medali. Di Porprov 2023 kemarin juga terjadi pemerataan perolehan medali," urai Mirza.

Mirza berharap, perolehan medali Jatim saat PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) juga bagus dan bisa mempertahankan juara umum. Dari daftar 20 atlet yang akan dikirim merupakan yang terbaik.

Dari hasil di berbai Kelompok Usia (KU), lanjut Mirza, ada beberapa pendatang baru yang potensial. Kemampuan dan kualitasnya akan terus dipantau hingga dua kejuaraan lain yang akan diikuti.

"Ini kan ada promdeg (promosi dan degredasi), kami akan undang (atlet-atlet)  untuk seleksi Puslatda PON," cetusnya.

Baca Juga : Ronny Siswanto - Fadloly Iwa Kusuma Pendaftar Pasangan Pertama Jalur Independen

Mirza berharap, regenerasi atlet bisa berjalan secara baik. Kemudian perstasi bisa kontinu dengan hasil yang bagus," harap Mirza. 

Lima Besar Perolehan Medali Kejurda Finswimming 2024:  

1. Surabaya  39 Emas, 33 Perak, 31 Perunggu 

2. Kab Malang  24 Emas, 20 Perak, 13 Perunggu

3. Kota Kediri 15 Emas, 11 Perak, 23 Perunggu

4. Tulungagung 12 Emas, 11 perak, 8 Perunggu

5. Kota Batu 10 Emas, 5 Perek, 5 Perunggu.


Topik

Olahraga kota surabaya kejurda finswimming Mirza Muttaqien


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Choirul Anwar

Editor

A Yahya