Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Tips Kembalikan Semangat Sekolah Anak usai Libur Panjang Berakhir

Penulis : Mutmainah J - Editor : Yunan Helmy

18 - Apr - 2024, 12:03

Ilustrasi anak bersemangat untuk bersekolah. (Foto dari internet)
Ilustrasi anak bersemangat untuk bersekolah. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Bagi setiap anak sekolah, hari libur menjadi suatu momen yang ditunggu-tunggu kedatangannya. Apalagi libur panjang. 

Namun, libur panjang Lebaran 2024 telah usai. Kini, waktunya orang tua untuk mempersiapkan anak-anak kembali ke sekolah usai libur Lebaran.  

Baca Juga : Tips Mendapatkan Modul Ajar Kurikulum Merdeka untuk SMK lewat Online

Ketika masa liburan telah berakhir, sang anak perlu mengembalikan semangatnya untuk kembali ke sekolah seperti sedia kala. Oleh karena itu, perlu adanya peran dari pihak sekitar, seperti orang tua, dalam membantu anak untuk mengembalikan semangatnya menjelang masuk sekolah usai liburan.

Mengembalikan semangat anak untuk bersekolah usai libur panjang bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Terlebih jika mereka tidak tahu harus memulainya dari mana. 

Nah untuk bunda-bunda yang masing bingung dan mencari-cari cara bagaimana mengembalikan semangat sekolah anak untuk bersekolah, artikel ini mungkin cukup membantu. 

Tips Kembalikan Semangat Sekolah

Melalui akun Instagram resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, @kemdikbud.ri, ada beberapa tips mengembalikan semangat sekolah anak usai libur panjang.

1. Mulai Kembali Rutinitas

Memulai kembali rutinitas sekolah akan membantu membangkitkan semangat si kecil. Rutinitas ini pun bisa dimulai dari hal-hal yang terkecil.

Pastikan jam tidur malam anak kembali seperti semula. Tidak hanya itu. Pastikan mereka juga bangun pagi tepat waktu. Agar tidak telat, jangan lupa pasang alarm ya.

2. Ingatkan Momen Menyenangkan

Sebelum libur panjang, anak pasti memiliki pengalaman serta momen menyenangkan yang terjadi di sekolah. Meminta mereka mengingat kenangan tersebut, tentu akan membuatnya bersemangat.

Anak mungkin tidak sabar untuk kembali ke sekolah untuk bertemu teman-temannya. Dengan begitu, mereka akan membuat memori baru yang sama-sama menyenangkan.

3. Tampilkan Sesuatu yang Baru

Baca Juga : Pentingnya Modul Ajar Kurikulum Merdeka untuk SMP, Kini Bisa Dapatkan via Online

Saat hari pertama masuk sekolah, biasanya anak-anak akan meminta sesuatu yang baru. Misalnya saja seragam, sepatu, bahkan tas sekolah.

Meski begitu, sesuatu yang baru tidak melulu harus menggunakan barang yang baru lho. Menggunting rambut juga bisa menambah semangat lho.

4. Buat Penyemangat Sendiri

Membuat penyemangat diri sendiri akan membantu si kecil saat kembali ke sekolah. Misalnya saja membuat daftar putar (playlist) lagu-lagu pilihan.

Tidak hanya itu. Bunda juga bisa membawakan mereka bekal makanan favorit mereka. Jangan lupa minta anak untuk membuat aktivitas bersama teman-teman sekolahnya.

5. Minta Anak Kembali Fokus pada Targetnya

Beberapa anak mungkin akan segera menghadapi ujian kelulusan. Karena itu, jangan sampai libur panjang membuat anak lupa akan targetnya ya.

Ketika anak sudah memiliki target seperti masuk perguruan tinggi negeri atau memperbaiki nilainya, mereka akan mendapatkan semangatnya kembali.


Topik

Pendidikan Anak sekolah libur panjang semangat sekolah


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Yunan Helmy