Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Mahasiswa UIN Malang Ini Ujian Akhir Tak Pakai Skripsi, Tapi...

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

07 - Apr - 2024, 21:07

Ula Robbithotul Rohmah, mahasiswa Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang yang mengganti tugas akhir skripsi dengan artikel jurnal (ist)
Ula Robbithotul Rohmah, mahasiswa Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang yang mengganti tugas akhir skripsi dengan artikel jurnal (ist)

JATIMTIMES - Ula Robbithotul Rohmah, mahasiswa Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menjalani ujian tugas akhir dengan hal yang sedikit berbeda. Jika biasanya saat ujian tugas akhir mahasiswa membawa skripsi yang tebal, namun tidak bagi Ula. Ia hanya membawa beberapa lembar karya artikel yang telah publish pada jurnal terakreditasi nasional. 

Dalam ujian yang dilaksanakan belum lama ini, Ula telah membawa modal 70 poin buah dari terbitnya artikel pada jurnal terakreditasi nasional. Sehingga, dalam ujian tersebut Ula hanya memerlukan tambahan 30 poin dari para penguji untuk meraih nilai yang sempurna.

Baca Juga : Pemkab Malang Targetkan IPM Sangat Tinggi di 2027, Capaian Terkini 73,00

Dalam sidang ujian itu, Ula mempresentasikan artikel yang berjudul "Gadgets and English Vocabulary Acquisition of Rural Preschool Children in Malang". Artikelnya ini telah terbit di Journal of Linguistics and English Teaching Studies (LETS), terakreditasi SINTA 4.

1

Keberhasilan artikelnya sampai bisa terbit pada jurnal terakreditasi nasional ini, tentunya berkat kerja keras Ula dan juga dukungan dari  dosen pembimbing tugas akhir, yakni Dr Rohmani Nur Indah. 

Dekan Fakultas Humaniora, Dr M Fasiol mengapresiasi terbitnya artikel mahasiswa Fakultas Humaniora pada jurnal terakreditasi nasional. Menurutnya, capaian ini tak lepas dari kolaborasi yang baik antara mahasiswa dan dosen. Artinya, terjalin komunikasi yang baik, dimana dosen pembimbing juga aktif untuk memberikan masukan atau arahan dan ditambah tekad yang kuat dari mahasiswa untuk maju.

Pengakuan artikel sebagai pengganti skripsi, juga menjadi bentuk konkret komitmen dari Fakultas Humaniora dalam implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 
Maka dari itu, langkah ini memberikan opsi lain bagi para mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya. Selain itu, upaya ini juga mendorong dalam upaya peningkatan produktivitas publikasi ilmiah bagi mahasiswa dan dosen.

Selain Ula, juga terdapat mahasiswa lain yang juga berhasil menerbitkan adik kepada jurnal terakreditasi nasional. Ia adalah Santi Agustin yang merupakan mahasiswa bimbingam dari Kepala Prodi Sastra Inggris, Ribut Wahyudi PhD. Artikel yang diterbitkan berjudul “Indonesian University Students’ Practices and Perspectives on Translanguaging” di Jurnal JEFL, Terindeks SINTA 2.

Kemudian, adalagi mahasiswa yang juga berhasil menerbitkan karya jurnalnya pada jurnal terakreditasi. Ia adalah Munawaroh dengan dosen pembimbing Dr Peny Respati Yurisa. Jurnal Karya Munawaroh yang berhasil terbit di Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, Terindeks SINTA 2, berjudul "Muslim Character Values in Cartoon Sulukiyyat Al-Muslim Al-Shaghir Based on Roland Barthes’ Semiotic Perspective".

Baca Juga : Cegah Calo dan Pungli, Polres Malang Terapkan E-Drives di Satpas Prototipe

Masih ada lagi, mahasiswa yang juga berhasil menerbitkan artikelnya di di Jurnal LIRE Universitas Bangka Belitung, Terindeks SINTA 3. Aditia Anwari yang merupakan mahasiswa di bawah bimbingan Dr Istiadah,  berhasil menerbitkan artikel berjudul "Exploring The Complex Narratives of Toxic Masculinity on The Instagram Account".

“Selamat kepada Ula, Munawwarah, dan Aditia yang artikelnya telah berhasil dimuat di jurnal SINTA. Terima kasih kepada para dosen pembimbing yang telah mengawal dengan baik. Semoga semakin menginspirasi mahasiswa lain untuk semakin produktif,” ujarnya.

Dengan dukungan dari Fakultas Humaniora, diharapkan akan ada lebih banyak lagi mahasiswa yang mampu mencapai kesuksesan untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas. Selain itu, para mahasiswa lain diharapkan juga termotivasi dengan capaian Ula, Munawaroh maupun Aditia.


Topik

Pendidikan UIN Maliki Malang Universitas Islam Negeri Malang Fakultas Humaniora


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri