Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Dinkes Jember Gelar Monitoring Pembinaan dan Pengawasan Makanan dan Minuman

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : Yunan Helmy

02 - Apr - 2024, 19:20

Petugas Dinkes Jember saat mengecek salah satu toko grosir di Pasar Tanjung.
Petugas Dinkes Jember saat mengecek salah satu toko grosir di Pasar Tanjung.

JATIMTIMES - Dinas Kesehatan Kabupaten Jember bersama Forkopimda, Balai POM Jember, Disperindag Jember beserta stakeholder terkait menggelar Monitoring Pembinaan dan Pengawasan Makanan pada Selasa, (2/4/2024).

Kegiatan tersebut sebagai langkah dalam memberikan jaminan keamanan produk makanan dan minuman yang memenuhi standar kualitas kepada masyarakat.

Baca Juga : PBFI Kota Malang Mulai Petakan Kompetitor pada Porprov IX Jatim

Sekretaris Dinas Kesehatan dr Koeshar Yudyarto mengungkapkan bahwa sasaran toko yang dikunjungi adalah beberapa toko di area Pasar Tanjung serta sejumlah retail grosir di Tegal Besar dan Taman Gading.

Hasil dari monitoring tersebut, Koeshar menyebutkan bahwa ada beberapa temuan  seperti makanan kadaluwarsa yang masih tercampur dengan makanan masih layak. Lalu, ditemukan makanan yang labelnya masih belum lengkap. “Tidak ada expired date, tidak mencantumkan nama produsen dan ada makanan yang rusak,” ungkap dr Koeshar.

Lalu, ditemukan tempat penyimpanan yang belum sesuai standar seperti makanan yang diletakkan diatas lantai tentunya akan memengaruhi kualitas produk yang disimpan dalam waktu yang lama.

Saat dikonfirmasi, pihaknya melakukan pembinaan secara persuasif dengan menginformasikan kepada pemilik toko untuk menyisihkan makanan yang tidak layak edar  sehingga makanan tidak jatuh ke tangan konsumen. 

Pihaknya juga mengingatkan kepada pemilik toko agar mengambil produk yang jelas mulai dari labelnya hingga produsennya. Hal tersebut untuk mempermudah penelusuran jikalau  terjadi sesuatu dengan makanan atau minuman tersebut.

Baca Juga : Pemkab Malang Terapkan Biosecurity Guna Antisipasi PMK hingga LSD

Terkait penyimpanan makanan, Koeshar menyampaikan harus ada palet di bawahnya sehingga makanan tidak langsung terhubung dengan lantai yang tentunya memengaruhi kualitas makanan tersebut.

“Tindakan kita ini tidak langsung menyita barang tersebut.  Saat ini kita hanya melakukan pembinaan saja dengan memberikan instruksi dan tetap kita akan kawal sehingga konsumen bisa terlindungi,” pungkasnya. 


Topik

Pemerintahan awasi makanan jelang Lebaran perlindungan konsumen Tulungagung


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

Yunan Helmy