Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pastikan Kelancaran Lebaran, Pj Wali Kota Malang Tinjau Pemeriksaan Kesehatan Driver Transportasi Umum 

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Yunan Helmy

02 - Apr - 2024, 19:05

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat saat berdialog dan meninjau pemeriksaan kesehatan pengemudi sejumlah PO bus. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat saat berdialog dan meninjau pemeriksaan kesehatan pengemudi sejumlah PO bus. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat meninjau pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi moda transportasi darat yang biasa beroperasi di Terminal Tipe A Provinsi Jawa Timur atau biasa disebut Terminal Ajosari. 

Pemeriksaan kesehatan yang digelar pada Selasa (2/4/2024), dilakukan baik kepada pengemudi angkutan luar kota maupun dalam kota. Pemeriksaan kesehatan tersebut juga turut dipantau oleh perwakilan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 

Baca Juga : DPKPCK Kabupaten Malang Bentuk Petugas TFL, Pastikan Program Bedah Rumah Tepat Sasaran

"Hari ini mengecek kondisi kesehatan dari semua pengemudi, semua jalur baik dari angkutan luar dan juga angkutan dalam kota. Alhamdulillah tadi ada Kementerian Kesehatan untuk mengecek secara langsung," ujar Wahyu. 

Setidaknya ada sebanyak 119 pengemudi dari sejumlah PO bus yang menjalani pemeriksaan. Dari tinjauan tersebut, Wahyu mengatakan bahwa secara umum seluruh pengemudi dalam kondisi yang sehat untuk bertugas selama momen Lebaran 1445 mendatang. 

"Dari 118 itu rata-rata semua aman. Tetapi ada sebagian kecil memang masih ada gula darah yang tinggi, kemudian tekanan darah tinggi," terang Wahyu. 

Kendati demikian, dirinya berpesan kepada seluruh pengemudi untuk tetap menjaga kondisi kesehatannya. Terlebih tentunya di bulan Ramadan ini, sejumlah pengemudi masih ada yang bekerja sembari melaksanakan ibadah puasa. 

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat saat memberi arahan kepada pengemudi angkot di Terminal Arjosari.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

"Pada kondisi ini memang  masih puasa, jadi memang pemeriksaan berbeda pada saat mereka mengemudikan dengan waktu yang normal. Tapi secara umum pemeriksaan yang dilakukan hari ini aman, tidak ada masalah," kata Wahyu. 

Selain itu, Wahyu mengimbau agar pengemudi bisa mengonsumsi vitamin agar kondisi tubuhnya tetap terjaga dalam keadaan l prima. Terlebih, Kota Malang diperkirakan menjadi salah satu daerah di Jawa Timur yang bakal banyak didatangi pengunjung dalam momen libur Lebaran kali ini. 

"Untuk pelaksanaan hari raya, kami sudah antisipasi jauh-jauh sebelumnya dalam forum LLAJ. Juga termasuk paguyuban sopir kita berikan sosialisasi, termasuk juga satlantas untuk mengatur kendaraan," jelas Wahyu. 

Baca Juga : Bikin Nyaman Pengunjung, Jasa Yasa Segera Bangun 20 Toilet Mewah di Balekambang dan Ngliyep

Hal tersebut lantaran masa libur pada Hari Raya Idul Fitri 1445 H ini juga diikuti dengan masa cuti bersama yang cukup panjang. Sehingga selain menjadi tujuan mudik, Kota Malang diprediksi juga bakal menjadi tujuan bagi masyarakat yang akan berlibur. 

"Kami prediksikan dari Jawa Timur, Malang termasuk tinggi jumlah kendaraan. Nanti ada lonjakan. Karena cuti bersama yang panjang, jadi mereka datang ke Malang ini tidak terkait dengan mudik tetapi juga berwisata," pungkas Wahyu. 


Topik

Pemerintahan Persiapan angkutan Lebaran Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat Wahyu Hidayat cek kesehatan sopir Pemkot Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Yunan Helmy