Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

UKMPPAI, 40 Mahasiswa First Taker PSPPA UIN Malang Lulus 100 Persen

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

02 - Apr - 2024, 18:44

Mahasiswa PSPPA FKIK UIN Maliki Malang (ist)
Mahasiswa PSPPA FKIK UIN Maliki Malang (ist)

JATIMTIMES - Pengelolaan kampus yang profesional, seperti halnya di Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) Malang, membuahkan hasil yang menggembirakan.

40 mahasiswa PSPPA FKIK UIN Maliki Malang Angkatan 1 (First Taker), lulus 100 persen dalam Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Apoteker Indonesia (UKMPPAI). 

Baca Juga : Pengguna Jaringan Internet saat Lebaran Diprediksi Naik, Dua Provider Siap Tingkatkan Layanan

Para mahasiswa ini lulus pada UKMPPAI metode Objective Structured Clinical Examination (OSCE) fomatif yang diselenggarakan pada 3-5 Februari 2024 dan metode Computer Based Test (CBT) sumatif periode XVI pada 10 dan 14 Maret 2024. 

Apt Wirda Anggaraimi MFarm, Ketua OSCE menyampaikan, bahwa hasil dari UKMPPAI OSCE memuaskan. Para mahasiswa anak didik Abhipraya 2023, dan mahasiswa PSPPA FKIK UIN Maliki Malang angkatan I, meraih nilai UKMPPAI OSCE diatas Nilai Batas Lulus (NBL). 

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa keberhasilan ini tentunya tidak luput dari berbagai langkah strategis yang dilakukan oleh seluruh civitas FKIK UIN Maliki Malang dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi UKMPPAI. Selain itu, semangat dari para mahasiswa dan kerja keras dalam belajar tentunya patut untuk mendapatkan apresiasi.

2

"Apresiasi yang luar biasa untuk adik-adik atas perjuangannya. Semoga kesuksesan senantiasa menyertai. Aamiin yaa robbal ‘aalamiin," terangnya.

Ketua PSPPA UIN Malang, Dr apt Rahmi Annisa MFarm menambahkan, bahwa pembelajaran dalam 2 semester sangatlah fokus. Sebanyak 80 persen materi belajar berfokus pada praktik di wahana kefarmasian. 

Selain itu, kesuksesan ini tentunya juga dengan berbagai upaya strategis yang dilakukan, seperti adanya pelatihan penulisan soal UKMPPAI yang diselenggarakan oleh Panitia Nasional UKMPPAI (PN UKMPPAI). 

1

Pelatihan ini ditujukan kepada dosen dan preseptor dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis soal UKMPPAI sesuai dengan kaidah penulisan soal, sehingga mahasiswa PSPPA UIN Malang dapat terbiasa dengan jenis soal yang akan dihadapi.

Baca Juga : Siswa di Jatim Terbanyak Lolos Masuk PTN dan Vokasi Jalur SNBP 

Kemudian, para mahasiswa juga mendapatkan latihan soal pembahasan setelah jadwal Praktik Kerja Profesi Apoteker (PKPA) selesai, sehingga para mahasiswa kemudian dapat memperdalam pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diujikan.

Dalam latihan soal ini, para dosen dari Prodi Farmasi (PSSF) dan PSPPA juga memberikan pendampingan yang intensif. Dalam pendampingan, juga dilibatkan para alumni yang merupakan lulusan S1 Apoteker. Ada 10 orang alumni yang dihadirkan dengan tujuan untuk dapat saling sharing dan memotivasi mahasiswa agar melakukan persiapan sebelum menghadapi ujian.

Pihaknya berharap agar mahasiswa PSPPA UIN Malang nantinya dapat seorang apoteker ulul albab sesuai dengan visi PSPPA. Lebih dari itu, ia mengatakan agar berbagai pihak terkait untuk terus memberikan support agar mendukung penyelenggaraan PSPPA, baik dalam hal pembelajaran maupun ujian nasional 

"Komponen UKMPPAI merupakan bagian terpenting dalam studi agar mahasiswa dapat berhasil menyandang gelar Apoteker, maka semua harus mensupport," pungkasnya.


Topik

Pendidikan UIN Maliki Malang Universitas Islam Negeri Malang UKMPPAI ujian apoteker


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri