Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Gaya Hidup

Jangan Asal Pilih, Ini 5 Tips Memilih Kosmetik Halal Menurut MUI

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

30 - Mar - 2024, 08:32

Ilustrasi kosmetik halal. (Foto dari internet)
Ilustrasi kosmetik halal. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Menjelang lebaran, para kaum hawa pasti sudah mempersiapkan segala hal kebutuhannya untuk tampil sempurna di hari raya Idul Fitri. Salah satu hal yang pasti dipersiapkan adalah kosmetik. Mempercantik diri bagi perempuan dalam Islam diperbolehkan asal didasari dengan niat yang baik. 

Kosmetik yang terjamin kehalalannya wajib hukumnya bagi para umat muslim. Pasalnya, kosmetik yang halal sudah pasti bebas najis sehingga aman jika digunakan sekali pun untuk ibadah.

Sabda Rasulullah yang berkaitan dengan kosmetik halal, yaitu:

Baca Juga : Tips Mudah Merebus Daging Sapi agar Cepat Empuk Tanpa Pakai Panci Presto

الْحَلَالُ بَيِّنٌ الْحَرَامُ بَيِّنٌ وَبَيْنَهُمَا مُشْتَبِهَاتٌ لَا يَعْلَمُهُنَّ كَثِيرٌ مِنْ النَّاسِ فَمَنْ اتَّقَى الشُّبُهَاتِ اسْتَبْرَأَ لِدِينِهِ وَعِرْضِهِ… (رواه مسلم)

“Yang halal itu sudah jelas dan yang haram pun sudah jelas, dan di antara keduanya ada hal-hal yang musyta-bihat (syubhat, samar-samar, tidak jelas halal haramnya), kebanyakan manusia tidak mengetahui hukumnya. Barang siapa hati-hati dari perkara syubhat, sungguh ia telah menyelamatkan agama dan harga dirinya…” (HR. Muslim).

Mengetahui secara pasti kehalalan suatu produk kosmetik tentu tidak bisa dilakukan secara kasat mata. Diperlukan tindakan pengujian lebih lanjut untuk membuktikan keamanan dan kehalalan produk tersebut.

Alih-alih mengujinya sendiri, saat ini kita bisa mengecek halal atau tidaknya sebuah kosmetik dengan mencermati kriteria kosmetik halal menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dilansir dari laman Majelis Ulama Indonesia atau  MUI (halalmui.org), berikut 5 tips memilih kosmetik halal untuk para muslimah menurut MUI: 

1. Periksa logo halal dari MUI

Cari produk yang jelas menampilkan label halal atau memiliki sertifikasi halal dari lembaga terpercaya. Di Indonesia Majelis Ulama Indonesia atau MUI, untuk di Malaysia JAKIM (Jabatan Kemajuan Islam Malaysia).

Lembaga tersebut umumnya telah melakukan pengecekan seluruh bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik sebelum memberi label halal, artinya label yang diberikan kepada satu produk dapat dipertanggung-jawabkan.

2. Perhatikan bahan-bahan yang terkandung pada kosmetik

Jika tidak dijumpai logo halal pada kemasan, coba periksa daftar bahan yang digunakan dalam produk kosmetik. Pastikan bahan-bahan pada kosmetik tidak mengandung unsur haram atau diragukan.

Amannya, produk kosmetik berasal dari tumbuhan atau botanical ingredient seperti herbs, roots, flowers, fruits, leaves, dan seeds. Bahan-bahan tersebut termasuk boleh digunakan sepanjang tidak bercampur dengan enzim dari hewan.

3. Hindari bahan-bahan ini

Baca Juga : Ini Bagian Mobil yang Harus Dicek usai Dipakai Mudik, Jangan Langsung Dibawa Pergi Lagi

Beberapa bahan mungkin berasal dari hewan yang tidak halal atau bahan yang dianggap haram oleh umat Muslimah. Contoh bahan yang perlu diwaspadai adalah lemak babi, gelatin, dan produk hewani lain yang tidak halal.

4. Tidak semua yang alami 100 persen halal

Produk kosmetik dengan label 100% alami belum tentu berstatus halal. Pasalnya, tak hanya tumbuh-tumbuhan saja yang bersifat alami melainkan ekstrak hewan juga dikategorikan sebagai bahan natural.

5. Pilih produk bersertifikat BPOM

Setelah memastikan 4 poin di atas, pastikan Anda memilih produk kosmetik yang telah memiliki sertifikat legal atau izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).


Topik

Gaya Hidup kosmetik kosmetik halal tips memilih kosmetik mui


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana