Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

1 Bulan Beroperasi, Angkutan Batu-Mojokerto Over Load Digeruduk Penumpang Saat Liburan

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

01 - Mar - 2024, 16:17

Petugas Dinas Perhubungan saat melakukan Ramp chek Bus Batu- Mojokerto di Terminal Batu, Jumat (1/3/2024). (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES)
Petugas Dinas Perhubungan saat melakukan Ramp chek Bus Batu- Mojokerto di Terminal Batu, Jumat (1/3/2024). (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Satu bulan sudah angkutan umum Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) rute terminal Kota Batu-Mojokerto via Cangar beroperasi. Siapa yang menyangka ternyata angkutan non-ekonomi ini menjadi alternatif bagi penumpang yang ingin ke Kota Batu ataupun sebaliknya.

Dalam kurun satu bulan sudah 1200 orang telah menumpangi sejak dilaunchingnya angkutan ini pada Rabu (24/1/2024) silam. Rata-rata yang naik angkutan tersebut per harinya sebanyak 40 orang.

Baca Juga : Antusiasme Warga Tinggi, Pemkot Batu Perpanjang Operasi Pasar Tahap II

Koordinator Terminal Batu, Yuliana mengaku saat awal usai dilaunching kerap over load, terlebih saat momen hari libur. “Tetapi hari biasa seperti ini saya kira lancar,” ucap Yuliana, Jumat (1/3/2024).

Over loadnya angkutan itu karena banyak yang ingin berwisata ke Kota Batu. Meski demikian, petugas rutin untuk mengecek kondisi angkutan. Mengingat Cangar merupakan jalur yang ekstrem karena kondisi jalan yang berkelok-kelok dengan beberapa turunan yang tajam.

“Kita selalu cek kendaraan misalnya AC, rem dan ban. Karena medan berbahaya. Maka kendaraan sebelum berangkat di Ramp cek dulu,” tambah Yuliana.

Tak hanya itu saja, angkutan ini juga menerapkan SOP demi menjamin keselamatan penumpang. SOP yang harus ditaati diantaranya, angkutan wajib berhenti sejenak di area parkir Pemandian Air Panas Cangar, Rest Area Sendi dan Bundaran Pacet untuk mendinginkan sistem pengereman.

Sementara itu trayek angkutan umum Mojokerto - Batu via Cangar dengan jarak tempuh sepanjang 57 kilometer. Waktu tempuh cukup 2 jam.

Waktu keberangkatan pukul 05.00 - 16.00 WIB, dengan jeda keberangkatan 1 jam.

Baca Juga : Pemkot Batu Targetkan 1.504 PKL Pasar Pagi Boyongan ke Pasar Induk sebelum Ramadan

Rutenya jika mulai dari terminal Kertajaya Kota Mojokerto - Simpang Tiga Pacing Bangsal - Pasar Dlanggu - Simpang Tiga Pesanggrahan Kutorejo - Bundaran Pacet - Sendi - Cangar, hingga finish di Terminal Batu.

Terdapat 6 unit armada, 3 unit berangkat dari Terminal Kota Batu di Jalan Dewi Sartika, dan 3 unit berangkat dari Mojokerto. Untuk 1 unit armada terdapat  12 kursi penumpang.

Armada ini menggunakan minibus Mitsubishi Canter berwarna hijau, yang masuk kategori luxury class atau non ekonomi. Enaknya minibus ini dilengkapi fasilitas AC dan TV.

Tarif yang dipatok selama promo ini sebesar Rp 30 ribu per orangnya sekali jalan, selama dua bulan masa promosi.


Topik

Peristiwa Angkutan Umum batu mojokerto cangar rute batu mojokerto


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni