Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Sekretaris Disperpusip Situbondo Non-Aktif Diperiksa Tim Penilai Kinerja ASN, Ketua Tim: Tidak Ada Tendensi Apapun

Penulis : Wisnu Bangun Saputro - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

01 - Mar - 2024, 16:00

Wawan Setiawan selaku Ketua Tim Penilai Kinerja ASN sekaligus Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo. (Wisnu Bangun Saputro/ JATIMTIMES)
Wawan Setiawan selaku Ketua Tim Penilai Kinerja ASN sekaligus Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo. (Wisnu Bangun Saputro/ JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Tim Penilai Kinerja ASN melakukan pemeriksaan terhadap Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Situbondo Non-aktif Imam Hidayat, Jumat (1/3/2024).

Imam Hidayat, diperiksa atas dugaan pelanggaran disiplin berat yaitu berkampanye pada saat memberikan bantuan pembangunan salah satu masjid. Tidak sendiri, Imam diperiksa bersama lima orang lainnya di Ruang Intelegence Room Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo. 

Baca Juga : Plin Plan Ditanya Lokasi Pembuatan Konten, Polda Jatim Ambil Kendali atas Kasus Gus Samsudin

Ketua Tim Penilai Kinerja ASN Pemkab Situbondo, Wawan Setiawan menyampaikan, pemeriksaan ini untuk mendalami dugaan pelanggaran disiplin yang dilakukan Imam Hidayat saat yang bersangkutan memberikan bantuan pembangunan di salah satu masjid yang ada di Desa Kayuputih, Kecamatan Panji beberapa waktu lalu. 

"Ini merupakan proses perintah aturan undang-undang kepegawaian terhadap adanya dugaan pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh saudara Imam Hidayat Sekretaris Dinas Perpustakaan non-aktif karena diberhentikan sementara," ujar Wawan Setiawan yang juga menjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo itu.

Wawan memastikan, pemeriksaan yang dilakukan sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. "Artinya tidak ada tendensi  apapun selain memang melaksanakan perintah aturan. Karena permasalahan ini sudah menjadi konsumsi masyarakat luas," tegasnya. 

Menurutnya, Tim Penilai Kinerja ASN justru akan dipertanyakan keberadaannya jika tidak memproses dugaan pelanggaran disiplin yang dilakukan Imam Hidayat. "Kemudian dalam aturan kepegawaian itu seseorang pegawai yang diduga melakukan pelanggaran disiplin berat itu bisa diberhentikan sementara dari jabatannya," bebernya. 

Sementara itu, kuasa hukum Imam Hidayat, Amam Al Muhtar menyampaikan, pada waktu pemeriksaan kliennya mendapat banyak pertanyaan dari Tim Penilai Kinerja ASN. "Di mana pada intinya itu terkait kedatangan beliau di masjid Baitul Mukminin, Desa Kayuputih, Kecamatan Panji. Klien saya ditanya apakah tahu terkait seorang Mc yang menyatakan bahwa Pak Imam ini sebagai calon wakil bupati. Ya tentunya kami tidak tahu," katanya. 

Aman mengungkapkan, kegiatan sosial yang dilakukan kliennya memang selalu diabadikan. "Jadi bukan hal yang baru ya, karena ini terkait dengan kegiatan sosial yayasan Mitra Sehat. Sehingga tidak ada kaitannya dengan calon wakil bupati atau calon bupati," imbuhnya. 

Baca Juga : Warga Situbondo Keluhkan Peminjaman Kendaraan Ambulans Puskesmas Panarukan

Aman menganggap, aneh bila apa yang dilakukan oleh Imam Hidayat tersebut dianggap masuk dalam pelanggaran disiplin ASN. "Pak Imam ini tidak pernah mendeklarasikan dirinya sebagai Calon Wakil Bupati Situbondo. Klien saya ini sudah pasti loyal dan patuh kepada pimpinan yaitu Bupati Karna Suswandi," pungkasnya.

Sebagai informasi, Anggota Tim Penilai Kinerja ASN Pemkab Situbondo yang melakukan pemeriksaan terhadap Imam Hidayat di antaranya Kepala BKPSDM Situbondo, Samsuri; Inspektur Daerah Kabupaten Situbondo, Puguh Setijarto serta beberapa pejabat BKPSDM dan Inspektorat Situbondo.

Diberitakan sebelumnya, Imam Hidayat dibebastugaskan sementara sebagai Sekretaris Disperpusip karena diduga melanggar disiplin berat yaitu berkampanye mencalonkan diri sebagai wakil bupati Situbondo, dengan bukti sebuah video yang menampilkan seorang MC atau takmir masjid mengucapkan terima kasih kepada Imam dengan diakhiri dengan kalimat "yang akan mencalonkan diri sebagai wakil bupati".


Topik

Pemerintahan Kabupaten Situbondo Tim Penilai Kinerja ASN


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wisnu Bangun Saputro

Editor

Sri Kurnia Mahiruni