Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Unisma Jalin Kolaborasi Internasional, Tanda Tangani MoU dengan Minhaj University Lahore dan Minhaj Welfare Foundation

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

11 - Feb - 2024, 14:20

Unisma jalin MoU dengan Minhaj University Lahore dan Minhaj Welfare Foundation. (ist)
Unisma jalin MoU dengan Minhaj University Lahore dan Minhaj Welfare Foundation. (ist)

JATIMTIMES - Universitas Islam Malang (Unisma) terus gencar memperluas jaring kerja sama dengan berbagai instansi. Baru-baru ini, Unisma melaksanakan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan Minhaj University Lahore (MUL) dan Minhaj Welfare Foundation di Ruang Pusat Studi Unisma, Jawa Timur.

Upaya kolaboratif internasional ini diinisiasi oleh direktur pascasarjana, hasil sinergi antara Program Pascasarjana Unisma, Kantor Urusan Internasional (KUI), dan Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Timur. 

Baca Juga : Bagi Kiat Sukses, Gadis Muda Surabaya Ini Luncurkan Buku di Sela Kesibukan Politik

Tiga perwakilan dari Minhaj Foundation turut hadir. Yakni Faisal Hussain sebagai managing director, Adnan Sohail sebagai operations director, dan Muhammad Imran Qureshi sebagai finance director. Sedangkan dari Lahore dihadiri oleh Mr Khurram Shahzad sebagai kepala registrasi MUL.

Profesor M. Mas'ud Said MM PhD menyatakan bahwa inisiatif ini merupakan kelanjutan dari kunjungan Mas'ud beserta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ke Britania Raya pada tahun 2023. 

2

Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan penelitian, penyelenggaraan pendidikan, dan pelayanan masyarakat.  "Kegiatan strategis ini dapat menjadi cikal bakal untuk memberikan berkontribusi lebih luas nantinya," harap dia.

Penandatanganan MoU menandai babak baru dalam kemitraan antara Unisma dan Minhaj University Lahore.  Tentu MoU ini akan semakin memperkuat pertumbuhan dan pengembangan bersama di bidang pendidikan dan pelayanan masyarakat ataupun dapat lebih berkembang pada bidang lainnya.

Sementara itu, Faisal Hussain menjelaskan awal pembentukan Minhaj-ul-Quran di Pakistan. Selain itu, ia menjelaskan  perkembangan oleh diaspora Pakistan di Inggris. 

Kemudian, Minhaj-ul-Quran memiliki badan di bawahnya yang fokus terhadap sosial, yakni Minhaj Welfare Foundation. Badan ini fokus pada pada zakat, infak, wakaf, sedekah, dan kegiatan sosial kemanusiaan.

Baca Juga : Kiai Mangundirono: Bupati Pertama Tulungagung dan Migrasi Besar-besaran Bangsawan ke Tanah Ngrowo

Berikutnya, Adnan Sohail membahas perkembangan Islam di Inggris dengan dinamikanya. Dalam perkembangan, banyak tantangan yang dihadapi setelah munculnya stereotip negatif terhadap Islam di masyarakat Barat. 

Bahkan menurutnya, umat Islam mengalami kehilangan identitas akibat globalisasi informasi yang tidak didukung dengan penanaman karakter keislaman.

Di sisi lain, Muhammad Imran Qureshi membacakan Salawat Burdah sembari menyertai dengan doa. Hal ini melambangkan kesatuan dan niat baik yang tercipta melalui kolaborasi ini.  "Semoga kolaborasi ini memberikan manfaat," tuturnya.

 


Topik

Pendidikan Unisma kerja sama internasiomal Unisma Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy