Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Maling Bobol Dinding Toko dengan Cairan Kimia, Bawa Kabur Rokok dan Uang Tunai

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Yunan Helmy

06 - Feb - 2024, 15:35

Aksi maling membobol toko di Desa Majang Tengah, Dampit terekam CCTV.
Aksi maling membobol toko di Desa Majang Tengah, Dampit terekam CCTV.

JATIMTIMES - Sebuah aksi pencurian dengan membobol dinding roko terjadi di Desa Majang Tengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Senin (5/2/2024). Potongan rekaman CCTV pencurian itu diunggah dan viral di media sosial.

Rekaman berdurasi 2 menit 11 detik itu menunjukkan dua orang pelaku mengambil beberapa slop rokok di rak toko. Toko tersebut diketahui milik warga bernama Warsiani. Kejadiannya diketahui sekitar pukul 03.00-03.45 dini hari. Disebutkan dalam keterangan video, pemiliknya telah melapor ke kepolisian.

Baca Juga : Istri dan Anak Nabi pun Tak Luput dari Azab Pedih

Dikonfirmasi Selasa (6/2/2024), pihak keluarga dari Warsiani, yakni keponakannya bernama Haris, membenarkan video yang bereda merupakan kejadian di toko milik budenya itu. 

"Milik bude saya tokonya. Barang yang dicuri rokok, tapi jumlah nya banyak. Hampir sekitar satu karung 50 kilogram," ungkap Haris.

Pria bernama lengkap Frans Haristah itu mengutarakan bahwa kerugian yang dierita tiko keluarganya itu puluhan juta rupiah. Ia menduga pelaku membobol dinding dengan bantuan cairan kimia yang menyebabkan tembok toko mebjadi rapuh. "Ada orang yang menjebol tembok dari garasi samping, kemungkinan pakai cairan kimia," ucapnya.

Menurut pengalamannya, kejadian pencurian bukan kali pertama terjadi. Namun, pencurian dengan pembobolan dinding baru kali ini. Sedangkan toko milik keluarganya itu sempat kemalingan sekitar tujuh tahun lalu.

Kapolsek Dampit AKP Bagus Wijanarko membenarkan adanya pencurian itu. Pihaknya menerima laporan langsung dari Warsiani sepaku pemilik toko. "Betul, telah terjadi dugaan tindak pidana pencurian dengan pemberatan. Barang (yang dicuri) berupa beberapa slop rokok serta uang tunai," kata Bagus saat dikonfirmasi terpisah.

Baca Juga : Berkas Lengkap, Dua Tersangka Dugaan Korupsi Gedung Puskesmas Bumiaji Segera Dilimpahkan ke PN Surabaya

Menurut kronologi yang didampaikan, pelaku masuk ke falam toko dengan merusak tembok batako sisi timur. Kemudian kedua pelaku merangkak masuk ke dalam garasi dan kembali melubangi pintu tripleks pembatas garasi dengan toko. Setelah pintu berlubang, pelaku membuka grendel pintu bagian atas dan melepas sebilah bambu penyangga pintu.

Setelah pintu terbuka pelaku langsung mengambil beberapa slop rokok serta uang tunai lalu memasukkannya ke dalam kantong plastik. Sukses melakukan aksinya, pelaku kabur dengan jalur yang sama.

Dikatakan Bagus, pihak kepolisian sudah melakukan olah TKP. Termasuk mengamankan rekaman CCTV untuk mencari keberadaan pelaku pencurian itu. "Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp.40 juta," sebutnya.


Topik

Hukum dan Kriminalitas Kasus pencurian video viral maling bobol toko


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Yunan Helmy