Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Dispendik Kabupaten Malang Dorong Sekolah Terus Berprestasi

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Dede Nana

02 - Dec - 2023, 17:39

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Suwadji (tengah) bersama para perwakilan sekolah berprestasi di Pendapa Agung Kabupaten Malang, Selasa (28/11/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Suwadji (tengah) bersama para perwakilan sekolah berprestasi di Pendapa Agung Kabupaten Malang, Selasa (28/11/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Malang mengapresiasi seluruh lembaga pendidikan yang telah berprestasi mengharumkan nama Kabupaten Malang. Baik ditingkat provinsi maupun nasional. 

Kepala Dispendik Kabupaten Malang Suwadji menyampaikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dispendik terus mendorong masing-masing lembaga pendidikan agar terus menggali potensi dan meningkatkan prestasi yang telah diraih. 

Baca Juga : Menuju PTNBH, Senat UIN Malang Studi ke 2 Kampus Ternama di Surabaya

"Tentunya saya sangat mengapresiasi. Terima kasih dan ini sebagai penyemangat bagi kepala sekolah, guru dan anggota satuan pendidikan yang ada," ungkap Suwadji. 

Pihaknya pun mengungkapkan, terdapat beberapa capaian prestasi membanggakan yang berhasil diraih oleh masing-masing lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Dispendik Kabupaten Malang di tahun 2023 ini. 

Beberapa di antaranya terkait prestasi lembaga pendidikan yang dinobatkan sebagai sekolah adiwiyata. Tercatat terdapat 10 sekolah yang mendapatkan penghargaan adiwiyata ditingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim). 

Di antaranya, SD Islam Bani Hasyim Singosari, SDN 1 Tamanharjo Singosari, SDN 3 Tumpang, SMPN 1 Gondanglegi, SMPN 1 Wagir, SMPN 2 Sumberpucung, SMPN 1 Kepanjen, SMPN 3 Kepanjen, SMPN 2 Tumpang dan SMPN 1 Poncokusumo. 

Kemudian terdapat 12 sekolah yang mendapatkan penghargaan adiwiyata di tingkat nasional. Di mana lima di antaranya berada di bawah naungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim. Yakni SDN 3 Sumberpucung, SDN 7 Kepanjen, SMPN 1 Pakis, SMPN 2 Turen, SMPN 1 Dampit, SMP Islam Ngebruk Sumberpucung, MTsN 2 Turen, SMKN 1 Singosari, SMAN 1 Dampit, SMAN 1 Gondanglegi, MAN 1 Gondanglegi dan SMAN 1 Bululawang. 

Selanjutnya, tujuh sekolah di Kabupaten Malang yang mendapatkan penghargaan adiwiyata mandiri. Di antaranya SDN 4 Panggungrejo Kepanjen, SMPN 1 Sumberpucung, SMPN 2 Kepanjen, SMPN 1 Tumpang, SMPN 5 Kepanjen, SMPN 1 Wajak dan SMAN 1 Kepanjen. 

Baca Juga : Diapresiasi Rektor, Begini Cara FH Unisma Tutup Rangkaian Dies Natalis Ke-42

"Kemudian kami Dinas Pendidikan juga mendapatkan predikat capaian akreditasi PAUD/TK tertinggi di tahun 2023 se-Jawa Timur. Karena TK/Paud di Kabupaten Malang sudah 95 (persen) terakreditasi," ujar Suwadji. 

Selain itu, SMPN 4 Kepanjen juga berhasil masuk sebagai finalis nasional pada lomba Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) paripurna terbaik kategori SMP atau sederajat. Selain itu, salah satu siswanya juga berhasil sebagai juara tiga lomba desain logo SSK tingkat nasional. "Lalu Indeks Implementasi Kurikulum Merdeka, capaiannya Kabupaten Malang tahun ini tertinggi se Jawa Timur," tutur Suwadji. 

Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang ini mengatakan, dengan capaian prestasi tersebut, diharapkan dapat menjadi motivasi dan inspirasi untuk sekolah-sekolah yang saat ini belum berprestasi. 

"Kepada jajaran sekolah yang sudah berprestasi diharapkan untuk mempertahankan bahkan bisa meningkatkan prestasi yang sudah diraih dan yang belum berprestasi bisa termotivasi untuk bisa meraih prestasi," pungkas Suwadji.
 


Topik

Pendidikan dispendik kabupaten malang sekolah berprestasi prestasi sekolah kabupaten malang pemkab malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Dede Nana