Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Senat UIN Maliki Malang Datangi UNY, Gali Pengalaman Tentang PTNBH

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

02 - Dec - 2023, 17:15

Kunjungan Senat UIN Maliki Malang ke UNY (Ist)
Kunjungan Senat UIN Maliki Malang ke UNY (Ist)

JATIMTIMES - Setelah melakukan kunjungan studi ke Universitas Gadjah Mada (UGM), jajaran Senat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang melakukan kunjungan lanjutan ke Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Jumat (1/12/2023). Masih dengan agenda yang sama, kunjungan ini guna menggali informasi tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

Ketua Senat UIN Maliki Malang Prof Dr H Muhtadi Ridwan MAg menjelaskan, kunjungan ini memang untuk menggali tentang bagaimana pengalaman setelah penerapan PTNBH pada kampus-kampus yang telah berstatus PTNBH.

Baca Juga : Menuju PTNBH, Senat UIN Malang Kunjungan Studi ke UGM

"Kami atas nama koordinator rombongan Senat ingin menggali bagaimana pengalaman dan persiapan untuk pengembangan PTNBH. Kami sengaja ngaji kaweruh. Mulai dari Unesa, Unair, UGM, kemudian ke UNY ini," ungkap Prof Muhtadi.

Sekretaris Senat UNY Prof Dr Drs Saliman MPd menyambut baik rombongan tim Senat UIN Maliki Malang. Dijelaskannya, bahwa Senat Akademik Universitas (SAU) memiliki fungsi yang penting, yakni dalam penetapan, pertimbangan dan pengawasan.

1

Sehingga, proses untuk menuju PTNBH merupakan kewenangan dari Rektor yang harus membangun tim yang kuat. Tentu, tim yang kuat ini adalah untuk mewujudkan target PTNBH. 

Dampak menjadi PTNBH tentunya harus kuat secara pengelolaan keuangan. Untuk itu, kampus harus berupa untuk bagaimana mendapatkan income, dimana salah satunya dengan membuka unit usaha. Telah banyak unit usaha yang dijalankan oleh UNY. Tentunya unit usaha ini menjadi salah satu penyokong dalam operasional kampus.

"Jadi salah satu produk kita ada air mineral, dan katering makanan seperti yang tersuguhkan ini. Kami juga ada Wedding Organizer, Hotel, Pranoto Coro atau MC, Swalayan. Sebenarnya kalau kita hanya buka usaha saja untungnya besar, tapi kita tidak bisa begitu sebagai perguruan tinggi," jelasnya.

Prof Soni Nopembri PhD selaku Ketua Komisi B SAU UNY menjelaskan, tahapan dan kesulitan yang dihadapi dalam proses menuju PTNBH. Proses tersebut dimulai dari membuat proposal yang kemudian dikirimkan kepad beberapa kementerian. Namun, karena saat itu terdapat peralihan jabatan rektor sehingga sempat tersendat.

Baca Juga : DPC Partai Demokrat Sidoarjo Jalin Silaturahmi dengan PD Muhammadiyah

Kemudian 2021, proses berlanjut di bawah pimpinan rektor baru dan tim yang baru. Akhirnya dibuat revisi 4 dokumen yang dibuat. Setelah itu, dokumen kemudian diserahkan ke Kemendikbud dan dipresentasikan oleh rektor maupun ketua senat.

"Kami juga berdiskusi dengan Kementerian Keuangan, Kemendikbud, dan mencari narasumber dari universitas PTNBH. Kami juga lakukan benchmarking," katanya.

Setelah berstatus PTNBH, tentu terdapat banyak perubahan. Pihaknya mencontohkan, dalam hal penulisan karya ilmiah, berapapun dana dapat disetujui oleh rektor. Selain itu, masih banyak dampak positif lainnya. Dari sini, pihaknya berharap UIN Maliki Malang dapat semangat dan merealisasikan PTNBH.


Topik

Pendidikan uin maliki malang senat uin maliki malang ptnbh universitas negeri yogyakarta


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana