Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Menuju PTNBH, Senat UIN Malang Kunjungan Studi ke UGM

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

02 - Dec - 2023, 12:59

Kunjungan Senat UIN Maliki Malang ke UGM (ist)
Kunjungan Senat UIN Maliki Malang ke UGM (ist)

JATIMTIMES  - Usai melakukan kunjungan studi di 2 kampus negeri ternama di Surabaya, jajaran Senat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang bertolak ke Yogjakarta guna berkunjung ke kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) (1/12/2023).

Masih sama dengan kunjungan sebelumnya, kunjungan jajaran Senat UIN Maliki Malang ini guna menggali informasi lebih lanjut untuk persiapan UIN Maliki Malang menjadi kampus Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

Baca Juga : Cuaca Ekstrem, Begini Cara KPU Kota Blitar Amankan Logistik Pemilu

Ketua Senat UIN Maliki Malang, Prof Dr Muhtadi Ridwan MAg, menjelaskan, bahwa kunjungan ke UGM ini bukan yang pertama kali, tetapi telah beberapa kali namun dengan tujuan yang berbeda.

Kedatangan kali ini, adalah terkait dengan agenda kajian tentang PTNBH. Dengan pengalaman yang matang dari UGM, terlebih terkait PTNBH, tentunya dapat digali oleh UIN Maliki Malang untuk nantinya diimplementasikan ketika perubahan status kampus menjadi PTNBH.

"Dengan UGM sepertinya kami tidak hanya anak, tapi juga canggahnya dari UGM kalo dilihat dari sejarah. Untuk itu, sepertinya kami akan nakal sedikit mengenai pertanyaan yang kami sampaikan," tutur Prof Muhtadi.

Kementrian Agama (Kemenang) telah mendorong 5 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia, dimana salah satunya adalah UIN Maliki Malang untuk menjadi kampus PTNBH. 

"Sekali lagi kami ingin mendapatkan informasi dan cerita mengenai impact atau yg dirasakan setelah mendapat status PTNBH, dan termasuk juga tatakelola kesenatan," paparnya 

Prof Susilowati, Ketua Senat UGM, menyambut baik kedatangan rombongan Senat UIN Maliki Malang. Dalam kesempatan tersebut, pihaknya menjelaskan tentang sejarah UGM hingga akhirnya menjadi kampus PTNBH. Bahkan dijelaskannya juga, status PTNBH UGM pernah dicabut karena satu hal.

Baca Juga : Menuju PTNBH, Senat UIN Malang Studi ke 2 Kampus Ternama di Surabaya

Selain itu, pihaknya juga menjelaskan terkait tata kelola keuangan di kampus UGM. Income utama UGM adalah dari UKT. Namun, tentu tidak hanya dari UKT saja. UGM juga mempunyai unit usaha lain yang juga menjadi sumber pendapatan.

"Selain itu kami juga ada usaha-usaha, hotel, cafe, wisma, residence, pagelaran, dan sebagainya. Ini merupakan hilirisasi dari teman-teman. Ada juga Science Techno Park, rumah potong ayam. Kita juga memiliki anak perusahaan, penyewaan gedung-gedung. Tapi kami juga dituntut untuk nirlaba oleh pemerintah, namun juga boleh mencari benefit jika dipakai untuk mengelola seperti beasiswa" jelasnya.

Dalam hal pendapatan, dana yang diperoleh bukan saja berbentuk cash money saja, namun juga dapat berupa sebuah kerjasama, baik nasional maupun internasional. "Contohnya Seperti mendatangkan pakar-pakar, yang mana bila didatangkan biayanya lumayan fantastis," katanya.

Dalam kunjungan tersebut, dilanjutkan  dengan membentuk beberapa kelompok sesuai dengan bidang-bidang tiap komisi guna diskusi  terkait PTNBH. Diharapkan, kunjungan studi Senat UIN Maliki Malang ke UGM ini dapat memberikan  kontribusi positif terkait PTNBH yang nantinya diterapkan di Kampus Ulul Albab.


Topik

Pendidikan uin maliki maang uin malang kampus uin prof muhtadi ridwan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya