Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Pembekalan Karir, Begini Penegasan Rektor UIN Malang untuk Para Mahasiswa dan Alumni 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

25 - May - 2023, 20:06

CDC UIN Malang gelar workshop pengembangan karir, siapkan mahasiswa mampu hadapi tantangan dunia kerja. (UIN Malang))
CDC UIN Malang gelar workshop pengembangan karir, siapkan mahasiswa mampu hadapi tantangan dunia kerja. (UIN Malang))

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang melalui Lembaga Career Development Center (CDC) menyelenggarakan workshop pelatihan pengembangan karir bagi mahasiswa dan alumni, Kamis (25/5/2023). Dalam kesempatan tersebut, Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr HM. Zainuddin memberikan pesan khusus terhadap para mahasiswa maupun alumni.

"Sebagai pendidikan yang maju dan bereputasi, sangat penting bagi UIN Maliki Malang, bahwa tidak ada alumni yang menganggur," tegas rektor.

Baca Juga : Siapkan Lulusan Berdaya Saing Dalam Dunia Kerja, CDC UIN Malang Gelar Workshop Pengembangan Karir

Untuk itu, menurut Prof Zainuddin, adanya pelatihan atau pembekalan karir seperti halnya saat ini menjadi sebuah hal yang penting. CDC selalu memantau penyerapan alumni UIN Maliki Malang dalam dunia kerja. Hal ini dilakukan guna mengetahui apakah para lulusan telah menempati dunia kerja, baik sebagai guru, dosen, atau tenaga profesional lainnya. 

Dalam dunia kerja yang dinamis, pencari kerja dituntut untuk fleksibel dan memiliki soft skill yang luar biasa. Apalagi,  menurut hasil penelitian, 80 persen kemampuan soft skill sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Sedangkan pengaruh hard skill hanya sebesar 20 persen. 

Selain itu, statistik yang ada akan menjadi pertimbangan dalam menentukan kebijakan guna terus meningkatkan kualitas akademik di Jampus Ulul Albab. Dengan begitu, UIN Maliki Malang terus dapat mencetak lulusan yang unggul dan berdaya saing. 

"Kami berharap para alumni dapat menempati dunia kerja sesuai harapan. Oleh karena itu, proses input dan outputnya harus tetap dipantau," jelas rektor.

Lebih lanjut rektor menjelaskan, pendidikan karakter melalui pembelajaran di ma'had dan kampus juga diharapkan dapat memberikan pembelajaran terbaik. Pentingnya proses input yang baik dalam pendidikan ini menjadikan harapan agar para mahasiswa dapat lulus sesuai dengan yang diharapkan.

Rektor juga menekankan, bekerja dalam bidang apa pun tentunya harus memiliki kepercayaan diri, kejujuran, amanah maupun kompetensi yang baik. Sebab, sebuah perusahaan juga mencari karyawan yang memiliki kejujuran ujur dan amanah.

Baca Juga : Genjot Branding Kampus, UPT Humas Unisba Blitar Kolaborasi dengan Mahasiswa

"Tentu harapannya mahasiswa dapat lulus tepat waktu, tidak melebihi 8 semester, dan menghindari pengangguran setelah lulus," tandasnya.

Untuk diketahui, dalam pembekalan karir pada mahasiswa maupun alumni, menghadirkan dua pemateri yang berkompeten di bidangnya. Mereka adalah Rama Royani, founder of Talents Mapping, serta Putri Norma Sita, HR generalist di PT Pura Barutama Surabaya Representative Office. 

 


Topik

Pendidikan UIN Maliki Malang UIN Malang mahasiswa UIN Malang alumni UIN Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy