Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Festival Sastra 3 Bahasa Mewarnai Sepekan Literasi di Banyuwangi 

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Nurlayla Ratri

25 - May - 2023, 17:58

Para pemenang Festival Sastra 3 Bahasa di RTH Blambangan Muncar Banyuwangi (Istimewa)
Para pemenang Festival Sastra 3 Bahasa di RTH Blambangan Muncar Banyuwangi (Istimewa)

JATIMTIMES- Dukungan dan motivasi kepada masyarakat agar berminat dunia sastra untuk menghaluskan budi pekerti dan gemar membaca terus diberikan di Kabupaten Banyuwangi. Termasuk, mengajak dan memotivasi warga masyarakat yang belum mempunyai ijazah SMA agar mau mengikuti paket C PKBM.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Suratno pada saat membuka Festival Sastra 3 Bahasa: Indonesia, Jawa dan Oesing yang digelar di RTH Blambangan, Kecamatan Muncar, Banyuwangi pada Rabu (24/05/2023).

Baca Juga : Beri Ruang Kembangkan Bakat Siswa, Disdik Sampang Gelar Lomba Menyanyi dan Seni

Menurut Suratno, saat ini akan lebih baik apabila mulai membangun wacana dan gagasan untuk mengakomodasi sastra Madura agar bisa masuk Banyuwangi Festival walaupun belum ada MGMP Bahasa Madura.

“Karena populasi masyarakat Madura yang tinggal di kawasan perkebunan, pantai, pelabuhan, serta pasar juga banyak. Potensi ini tentu menjadi warna tersendiri bagi Banyuwangi yang merupakan miniatur Indonesia yang sangat  mendukung program Banyuwangi Rebound, khususnya dalam merajut harmoni dan sepekan literasi yang dicanangkan Bupati Banyuwang," imbuh Suratno.

Dalam pembukaan Festival Sastra 3 Bahasa tersebut dimeriahkan dengan penampilan dari berbagai sekolah, serta ada siswi SMPN 2 Wongsorejo dan SMPN 1 Muncar membacakan puisi bahasa Madura.

Walaupun banyak yang tidak paham artinya, tetapi apresiasi dan dukungan tetap ada dalam bentuk tepuk tangan yang membahana sebagaimana sambutan pada penampilan tari, musikalisasi puisi dan drama yang memadukan 6 ekstrakurikuler (Ekskul) SMPN 2 Genteng.

Menurut Ketua MGMP SMP Bahasa Oesing, Yeti Chotimah, wadah atau lembaga yang memungkinkan untuk mengakomodasi bahasa Madura adalah pihaknya dibandingkan MGMP Jawa dan Indonesia.

H. Mujiono, Ketua MGMP Bahasa Indonesia asal SMPN 1 Glagah dan Eko Wahyuningsih S. asal SMPN 1 Kalibaru mendukung pendapat tersebut.

"Kami musyawarakan dan ini riil mendukung program Merdeka Belajar dengan P5 juga," Eko Wahyuningsih yang ayahnya berdarah Madura (Pamekasan) sedangkan ibunya berdarah Jawa karena berasal dari Solo.

Baca Juga : SMP Negeri 2 Ngunut, Sekolah dengan Segudang Prestasi Pramuka

Acara Festival Sastra 3 Bahasa yang penuh prestasi, kreasi, apresiasi tersebut dipandu 3 MC, yaitu Khomsatun asal SMPN 3 Banyuwangi, salah seorang pengurus MGMP Oesing, Kartika Ken Kusumaswari dari SMPN 2 Genteng, dan Nihaya Maghfiroh pengurus MGMP Bahasa Jawa asal SMPN 2 Bangorejo. Sedangkan musik pengiring gamelan Jawa dari SMPN 1 Siliragung.

Pelaksanaan program kegiatan adiluhung yang menjadi rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tersebut juga digelar Kantin Sehat dari berbagai sekolah dan penjualan bermacam buku karya siswa dan guru.

Panitia juga menggelar berbagai macam lomba 3 MGMP yang memperebutkan tropy, sertifikat dan uang pembinaan yang nilai puluhan juta. Setelah melalui tahapan penilaian dari para juri, ternyata pemenang lomba dalam kegiatan tersebut merata. Para pemenang merupakan peserta didik dari berbagai kecamatan bahkan ada peserta yang berasal dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan sekolah swasta yang ada di wilayah Banyuwangi.

Acara Festival Sastra 3 Bahasa ditutup oleh Kepala Seksi (Kasi) Peningkatan Mutu dan PTK Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Didik Eko Wahyudi yang sempat membacakan puisi Bahasa Madura dengan judul “Ojeng Balai” untuk hadirin.

Rangkaian Festival Sastra 3 Bahasa dilanjutkan pada Kamis (25/05/2023) yang dipusatkan di TKN/SDN Model Banyuwangi dengan agenda Festival Memengan, Cerito dan Pidato Basa Oesing.


Topik

Pendidikan Festival 3 Bahasa Banyuwangi bahasa oesing


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Nurlayla Ratri