Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Gaya Hidup

5 Resep Menu Lebaran yang Sehat dan Enak untuk Jaga Berat Badan

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

23 - Apr - 2023, 21:12

Salad buah (foto: HaiBunda.com)
Salad buah (foto: HaiBunda.com)

JATIMTIMES - Lebaran selalu identik dengan makanan enak dan berkalori tinggi. Namun, jangan khawatir, kamu tetap bisa menikmati hidangan lezat tanpa harus khawatir berat badan naik. 

Berikut ini adalah 5 resep menu lebaran yang sehat dan enak untuk jaga berat badan:

1. Sayur Lodeh Telur Puyuh

Baca Juga : Bisa Berkemah hingga Memancing, Berikut Rute Menuju Pantai Kesirat

Sayur lodeh telur puyuh adalah hidangan yang sehat dan enak untuk menu lebaran. Hidangan ini sangat mudah untuk dibuat dan kaya akan kandungan nutrisi seperti protein, vitamin, dan serat. 

Cara membuatnya sangat mudah, kamu hanya perlu merebus sayuran seperti labu siam, wortel, kacang panjang, dan tambahkan telur puyuh untuk tambahan protein.

2. Chicken Kebab

Chicken kebab adalah hidangan yang sehat dan rendah kalori. Dibandingkan dengan daging sapi atau kambing, daging ayam lebih rendah kalori dan lemak. 

Kamu bisa memotong daging ayam, marinasi dengan rempah-rempah dan bumbu, lalu tusuk dengan tusuk sate dan panggang hingga matang. Sajikan dengan saus yogurt dan sayuran seperti tomat, mentimun, dan lettuce.

3. Salad Buah

Salad buah adalah hidangan yang sehat dan enak untuk menu lebaran. Buah-buahan seperti semangka, melon, anggur, dan apel kaya akan vitamin dan serat.

Kamu bisa mencampurkan buah-buahan tersebut dengan saus yogurt atau madu untuk memberikan rasa manis alami.

4. Brownies Pisang

Baca Juga : Waspada, Beberapa Penyakit Ini Rentan Menyerang Usai Lebaran

Brownies pisang adalah alternatif hidangan yang sehat untuk menu lebaran. Pisang mengandung banyak serat dan kaya akan kalium yang baik untuk kesehatan jantung. 

Kamu bisa membuat brownies pisang dengan mencampurkan pisang matang dengan tepung almond, telur, minyak kelapa, dan coklat hitam tanpa gula.

5. Ikan Bakar

Ikan bakar adalah hidangan yang sehat dan lezat untuk menu lebaran. Ikan mengandung protein yang baik untuk tubuh dan rendah lemak. 

Kamu bisa memilih jenis ikan yang sesuai dengan selera, lalu bakar dengan bumbu rempah seperti kunyit, bawang putih, dan cabe merah. Sajikan dengan nasi merah dan sayuran hijau seperti kangkung atau bayam.

Itulah 5 resep menu lebaran yang sehat dan enak untuk jaga berat badan tetap aman. Kamu juga bisa mencoba membuat hidangan tersebut di rumah untuk menikmati hidangan lezat tanpa harus khawatir berat badan naik. Selamat mencoba!


Topik

Gaya Hidup menu lebaran rendah kalori menu simpel tips jaga berat badan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri